Manokwari (ANTARA)-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, optimistis lolos verifikasi yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Ketua DPD PSI Manokwari Patrix B Tandirerung di Manokwari, Kamis, mengatakan, pihaknya telah mengajukan berkas perbaikan administrasi keanggotaan di kantor KPUD, Rabu.

"PSI menjadi partai pertama di ibukota Provinsi Papua Barat ini yang dokumen administrasi keanggotaannya dinyatakan lengkap oleh KPUD," kata Patrik.

Pihaknya sangat bersyukur bisa melalui tahap ini dan tetap mempersiapkan diri menghadapi proses yang lebih berat yakni verifikasi faktual.

"Pada seluruh tahap, kami banyak bertanya atau berkonsultasi kepada KPUD, terutama kepada help desk yang disediakan. Juga kepada DPW dan DPP PSI karena merekalah yang punya akses terhadap SIPOL KPU," ujarnya.

DPD, lanjutnya, hanya melakukan rekruitmen dan menjalankan petunjuk teknis, termasuk arahan-arahan dari KPUD.

Ia menyebutkan, PSI Manokwari akan menggelar kegiatan kopi darat atau konsolidasi yang melibatkan relawan, anggota dan struktural PSI se-Manokwari. Hal itu dilakukan untuk menjemput proses verifikasi faktual.

Dokumen yang berisi 63 data anggota baru tersebut diserahkan oleh Ketua DPD PSI Manokwari bersama bendahara partai Marike Elsa Obinaru. Dokumen diterima oleh Ketua KPUD Manokwari Alberth Burwos bersama komisioner lainnya.

Usai diserahkan, dokumen tersebut kemudian diperiksa satu persatu oleh staf KPUD sebelum dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPUD untuk diproses lebih lanjut pada tahap berikut.

Pada hari yang sama Ketua DPD PAN juga mendaftarkan hasil perbaikan administrasi keanggotaan. Namun ada beberapa dokumen dari partai berlambang matahari ini yang menurut KPUD perlu diperbaiki. (***)

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017