Tim Relawan Nusantara Provinsi Papua Barat untuk mendukung Dominggus Mandacan maju pada Pilkada 2024 sebagai bakal calon gubernur periode 2024-2029 resmi dilantik.

Pelantikan sebanyak 306 Tim Relawan Nusantara Papua Barat yang diketuai oleh Eben Haiser Sasea berlangsung di Mandopi, Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari, Jumat sore.

Eben Haiser mengatakan tim relawan tingkat provinsi merupakan gerakan sayap dari partai politik yang mengusung Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur.

"Relawan akan bekerja di wilayah-wilayah belum tercover oleh partai politik untuk menggalang kekuatan bagi Pak Dominggus," kata Eben Haiser.

Setelah pelantikan, timnya akan bergerak ke tujuh kabupaten se-Papua Barat guna mengonsolidasi pembentukan Relawan Nusantara untuk kemenangan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani.

Tujuh kabupaten yang dimaksud yaitu Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegungungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Kaimana.

"Kami target pembentukan relawan seluruh kabupaten harus rampung sebelum pendaftaran bakal calon gubernur-wakil gubernur ke KPU," ucap dia.

Selain itu, kata dia, Relawan Nusantara akan menjadi koordinator bagi relawan komunitas dan relawan paguyuban yang memberikan dukungan kepada calon gubernur-wakil gubernur petahana.

Relawan memprediksi pasangan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani mampu meraup suara sebanyak 85 persen saat Pilkada 2024 karena telah terbukti pada periode pertama (2017-2022).

"Relawan akan bekerja maksimal supaya perolehan suara bisa melebihi dari hasil survei 85 persen itu," tutur Eben Haiser.

Calon gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengapresiasi dukungan secara sukarela yang ditandai dengan adanya pembentukan Relawan Nusantara tingkat provinsi maupun kabupaten.

Kehadiran para relawan tersebut akan menambah kekuatan terhadap kerja partai politik yang telah mengeluarkan rekomendasi dan surat tugas untuk maju dalam Pilkada 2024.

"Terima kasih banyak sudah memberikan dukungan dengan sukarela tanpa adanya pemaksaan," ucap dia.

Saat ini, Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani sudah mengantongi surat rekomendasi maju Pilkada 2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pasangan bakal calon petahana itu juga telah menerima surat tugas yang dikeluarkan oleh dua partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

"Saya upayakan yang surat tugas itu menjadi rekomendasi. Upaya komunikasi dengan partai lain yang punya kursi terus dilakukan," ucap Dominggus.

Perlu diketahui, ada 13 partai politik yang berhasil meraih kursi DPRD Provinsi Papua Barat meliputi Partai Golkar dan PDI Perjuangan masing-masing tujuh kursi, NasDem lima kursi, kemudian PKB, Gerindra, Demokrat, dan PAN sama-sama mendapat tiga kursi, Perindo dua kursi, PKS dan PPP masing-masing satu kursi.

Dengan demikian, maka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur petahana Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani telah mendapatkan delapan kursi yang berasal dari NasDem, Perindo, dan PPP.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024