Bupati Kaimana, Provinsi Papua Barat Freddy Thie memberikan motivasi kepada Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor Sumedang Jawa Barat agar memiliki semangat dan tekad yang kuat membangun daerahnya saat bertugas di daerah masing-masing.

"Saya berharap adik-adik praja yang nantinya ditempatkan di daerah masing-masing bisa menjadi contoh, bisa menjadi garam dan terang dalam pengabdian untuk memajukan daerah yang mereka tempati," kata Freddy Thie di 
 Sumedang, Kamis.

Dia mengatakan hal itu saat Memberikan kuliah umum dalam rangka pembekalan kepada 1.097 praja utama angkatan XXXI menjelang wisuda di Aula Balairung kampus utama IPDN Jatinangor.

Menurutnya, hal itu nantinya untuk mewujudkan bangsa yang lebih baik dan hebat.

Ia menuturkan, kehadirannya di tengah Praja IPDN merupakan kesempatan yang istimewa, dan menjadi kebanggaan untuk menyampaikan berbagai potensi dan promosi daerah yang ada di Kabupaten Kaimana.

Pemaparan visi misi dan berbagai keberhasilan Kabupaten Kaimana itu, katanya , diharapkan menjadi motivasi bagi Praja IPDN yang nanti akan menjadi pemimpin bangsa untuk mendapatkan pengetahuan tentang membangun daerah agar lebih baik.

"Mereka dicetak untuk menjadi pimpinan bangsa, jadi semoga mereka selalu sukses dan mengabdi dengan hati," katanya.

Ia menyampaikan, sejak terpilih menjadi bupati Kaimana tahun 2021 memiliki 18 program unggulan sebagai kebutuhan dasar masyarakat di antaranya kesehatan, pendidikan, rehab rumah, penyediaan air bersih, penerangan, dan saluran komunikasi.

"Ini merupakan kebutuhan dasar dan keinginan masyarakat Kaimana. Tahun ini saja ada 84 kampung di Kaimana dan seluruhnya sudah mendapat program rehab rumah," katanya.

Ia menjelaskan, program unggulan lainnya yang saat ini terus dijalankan yakni sektor pendidikan wajib sekolah 12 tahun yang membebaskan biaya pendidikan sekolah negeri maupun yayasan dari SD sampai SMA sederajat.

"Saya prioritaskan wajib belajar 12 tahun secara gratis ditanggung oleh APBD Kabupaten Kaimana," katanya.

Ia menambahkan, terkait sektor kesehatan juga menjadi perhatian untuk membangun tempat layanan kesehatan, termasuk tenaga medis dan obat-obatan tersedia cukup untuk kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga mendapatkan layanan kesehatan dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang saat ini tercatat sebanyak 13.173 orang tahun 2024, jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2021 yang terdaftar sebanyak 7.092 orang.

"Pembangunan sektor kesehatan secara bertahap kita terus memperbaiki, pelayanan rumah sakit itu ditanggung oleh BPJS Kesehatan, ada KIS," katanya.

Ia menyampaikan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat itu tidak ada hentinya, berbagai program untuk membangun Kabupaten Kaimana terus dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Freddy berpesan kepada Praja IPDN untuk terus bermimpi menggapai cita-cita yang baik, terus meningkatkan kemampaun diri, belajar, mengenal diri sendiri, tidak sombong, dan selalu berada di lingkungan yang baik.

"Pemimpin yang hebat adalah mereka yang tidak takut menghadapi ketidakpastian, mengambil risiko yang diperlukan, dan menjelajahi jalan yang belum pernah ditempuh untuk mencapai tujuan yang mulia," katanya.

Rektor IPDN Hadi Prabowo yang membuka kuliah umum bertemakan "Perkembangan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kaimana serta Berbagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" menyampaikan, acara tersebut untuk pembekalan praja yang sebentar lagi akan lulus.

Salah satunya, kata dia, diberi pembekalan dari Bupati Kaimana yang dinilai telah berhasil membangun daerahnya seperti menurunkan angka kemiskinan dari angka 16,04 persen di tahun 2021 menjadi 14,57 persen pada 2023.

 Kemudian menurunkan angka stunting di tahun 2023 menjadi 21,1 persen, dan pendidikan gratis 12 tahun.

"Keberhasilan bapak bupati dengan segala prestasinya ini semoga menjadi motivasi dan semangat kepada para praja yang sebentar lagi akan lulus kuliah. Semoga bekal ini tentunya dapat dipahami dan dimengerti, sehingga dapat menjadi pengalaman untuk pengabdian kepada masyarakat," kata Hadi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati Kaimana motivasi Praja IPDN untuk semangat membangun daerahnya

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024