Perum Bulog Kantor Cabang Sorong, Papua Barat Daya menyalurkan beras bantuan pangan tahap II kepada 59.326 keluarga penerima manfaat (KPM) di empat wilayah kerja Bulog yakni Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Raja Ampat dan Tambrauw.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Sorong, Papua Barat Daya Sri Ariandina di Sorong, Rabu, menjelaskan penyaluran bantuan pangan tahap II untuk alokasi April, Mei dan Juni sebanyak 1.779.780 kg.

"Bantuan pangan 2024 dibagi dalam dua tahap yakni alokasi Januari-Maret dan tahap kedua adalah alokasi April-Juni. Penyaluran tahap pertama telah kita lakukan," bebernya.

Menurut dia, penyaluran bantuan pangan alokasi April-Juni seharusnya telah dilakukan pada April, namun bertepatan dengan proses tahapan Pemilu 2024, sehingga penyaluran tahap II akan dilakukan pada bulan ini.

"Jadi setiap keluarga penerima manfaat menerima 10 kg per bulan alokasi. Jadi kalau tiga bulan alokasi total disalurkan 3 bulan dikalikan 593.260 kg sama dengan 1.779.780 kg," bebernya.

Dia menyebutkan, Kota Sorong dengan jumlah 28.949 KPM akan menerima 289.490 kg. Kemudian, sebanyak 17.583 KPM di Kabupaten Sorong akan menerima beras 175.830 kg. Kabupaten Tambrauw total penerima manfaat sebanyak 6.204 KPM akan menerima besar sebanyak 62.040 kg. Raja Ampat sebanyak 6.590 KPM dengan total beras bantuan yang disalurkan sebanyak 65.900 kg.

"Penyaluran beras bantuan pangan ini kita bekerja sama dengan PT Yasa Artha Trimanunggal," ucap dia.

Sistem penyaluran beras bantuan pangan ini, khusus di Kota Sorong seharusnya disalurkan per alokasi bulan.

"Misalnya alokasi April sudah harus disalurkan pada April kemarin, tapi karena mundur, maka kali ini kita akan salurkan April dan Mei, kemudian pada Juni nanti kita salurkan alokasi Juni," kata dia.

Sementara untuk ketiga kabupaten lain, seperti Kabupaten Sorong, Tambrauw dan Raja Ampat akan disalurkan tiga alokasi sekaligus. Karena tuntutan situasi dan kondisi geografis di tiga daerah itu sangat sulit sehingga penyaluran beras bantuan dilakukan satu kali untuk alokasi April-Juni.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024