Wasior (Antara) - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menggandeng Lembaga Kantor Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA mencetak kader sebagai agen informasi untuk mendukung percepatan pembangunan dan kemajuan daerah

Bupati Teluk Wondama Bernadus A Imburi pada Pelatihan Dasar Menulis Berita di Wasior, Kamis, menyatakan media massa berperan penting dalam mendukung kemajuan daerah.

"Tidak sekedar menyebarluaskan informasi tentang pembangunan, media massa juga berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata bupati.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian bekerjasama dengan LKBN ANTARA. Peserta yang terlibat terdiri dari ASN dari perwakilan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan perwakilan OSIS SMA.

"Banyak hal positif yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. Namun bila kita tidak membangun relasi yang proporsional dengan media massa maka rakyat tidak banyak mengetahui apa yang dilakukan pemerintah,"kata Imburi lagi.

Selain itu, lanjut bupati, publikasi menjadi penting bagi Teluk Wondama, mengingat daerah ini ingin mengembangkan sektor pariwisata. Selain wisatawan, diharapkan investor datang untuk membantu pembangunan daerah.

Seiring kemajuan teknologi, segala bentuk informasi dari manapun bisa diakses dengan cepat dan mudah. Karena itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar cerdas dalam menerima dan menyebarkan berita atau informasi.

"Dari sisi inilah saya memandang betapa pentingnya ASN menguasi seluk beluk informasi. Jangan sampai berita bohong atau hoax menyebar," ujarnya lagi.

Kegiatan platihan berlangsung selama tiga hari dengan narasumber Kepala Biro Antara Papua Barat Key Tokan Abdul Asis dibantu fasilitator lain dari ANTARA.

Melalui pelatigan ini, diharapkan kedepan bisa menjadi agen informasi pemerintah dalam mempromosikan potensi unggulan daerah dimata dunia.

"Output dari pelatihan ini, dharapkan mereka yang ikut pelatihan ini bisa menulis berita tentang kegiatan di OPD masing-masing untuk kita tampilkan di website Pemda yang mulai kita aktifkan tahun depan," kata Kabid Informasi dan Pemberitaan Dinas Kominfo Yohanes Leihitu selaku ketua panitia.

Disisi lain, lanjutnya LKBN ANTARA melalui media atau portal berita yang dimiliki bisa mengakomodir informasi dari para agen, untuk sebarluaskan.***

Pewarta: Zack Tonu B

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017