Kepolisian Resor (Polres) Sorong, Kabupaten Sorong Papua Barat Daya membentuk tiga pos pengamanan Hari Raya Idul Fitri berdasarkan pemetaan titik rawan guna mewujudkan kondisi keamanan masyarakat (Kamtibmas) di wilayah itu berjalan aman dan kondusif.

Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru di Sorong, Kamis, menjelaskan untuk menunjang pelaksanaan Operasi Ketupat Mansinam dalam rangka pengamanan momentum Idul Fitri, Polres Sorong telah menyiapkan tiga pos di tiga titik rawan yang ada di wilayah hukum Polres Sorong, Kabupaten Sorong. Titik rawan tersebut, baik yang merupakan titik rawan kemacetan lalu lintas maupun titik rawan gangguan Kamtibmas.

“Ketiga pos tersebut, yakni satu pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Untuk pos pelayanan berada di sekitar kawasan Alun-alun Aimas. Sedangkan dua pos pengamanan, lokasinya berada di Pemandian Tirta dan di Tugu Merah,” jelas Kapolres Sorong AKBP Yohanes.

Menurut Kapolres, pos pengamanan dan pos pelayanan tersebut akan berfungsi sebagai tempat konsolidasi para personel yang tengah bertugas melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Mansinam jelang Idul Fitri.

“Pos tersebut nantinya menjadi pusat komando bagi personel yang bertugas dari berbagai tempat ibadah maupun pengamanan arus lalu lintas di Kabupaten Sorong,” sebutnya.

Personel yang diterjunkan untuk pengamanan Idul Fitri berkisar 50 anggota yang akan bertugas sesuai dengan petunjuk dan perintah.

Demi terlaksananya perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah yang aman dan lancar, Kapolres mengimbau agar masyarakat selalu menjaga dan menciptakan situasi yang tertib dan kondusif.

Selain itu, diharapkan masyarakat tetap menjaga toleransi antar umat beragama maupun menghormati kebebasan umat beragama dalam menjalankan ibadah.

“Saya harap kita bersama menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Sorong ini. Momen ini sebaiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ibadah. Untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas, masyarakat juga saya imbau untuk jangan terlalu euforia dan tetap menjaga keselamatan berkendara,” harapnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024