Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon bersama pihak terkait mendirikan posko pengamanan mudik Idul Fitri untuk kelancaran arus mudik 2024 mulai   26 Maret sampai 25 April 2024 pada tiga pelabuhan di Maluku.

"Untuk pengamanan arus mudik kita dirikan posko secara gabungan antara KSOP dengan instansi terkait seperti Pelindo, Pelni, Basarnas, BPTD, dan lainnya," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid LALA) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon Iyan Ashari di Ambon, Jumat.

.Iyan mengatakan posko pengamanan arus mudik tersebut didirikan pada dua pelabuhan utama di Kota Ambon yakni Pelabuhan Yos Sudarso yang melayani pelayaran antarprovinsi,  Pelabuhan Slamet Riyadi yang melayani pelayaran antarpulau dan Pelabuhan Siwabessy atau Pelabuhan Gudang Arang melayani  bongkar muat barang.

"Kami bersama instansi terkait lainnya juga telah melakukan apel gabungan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang selama arus mudik," katanya.

Iyan mengatakan posko yang didirikan tersebut dinilai penting karena selain sebagai fungsi pengamanan posko tersebut juga sebagai pusat informasi bagi para penumpang.

"Di posko itu nanti kami sediakan informasi yang diperlukan bagi calon penumpang, kemudian perekapan data yang dilaporkan setiap hari," kata Iyan.

Iyan melanjutkan bahwa pihaknya juga rutin  mengecek fasilitas pelabuhan dimulai dari fasilitas terminal, parkir,  pintu masuk dan keluar kendaraan, hingga penertiban pedagang asongan.

Pihaknya pun berfokus pada kenyamanan calon penumpang saat menunggu kapal di pelabuhan.

“Kalau dulu pedagang asongan bisa naik ke atas kapal untuk berjualan, maka saat ini tidak bisa lagi. Kami mulai batasi agar memberikan kenyamanan pada penumpang,” katanya lagi.

Selain pedagang asongan, pihaknya juga memperketat pintu masuk dan keluar pelabuhan yang dapat dilalui kendaraan. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan di ketiga pelabuhan tersebut.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024