Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Provinsi Papua Barat, memulai rapat pleno rekapitulasi perhitungan dan perolehan suara pemilu serentak 2024 tingkat kabupaten.

"Hasil pleno ini menjadi dasar KPU Manokwari menetapkan calon terpilih pada pemilu 2024 di Kabupaten Manokwari," kata Ketua KPU Manokwari, Christine R. Rumkabu dalam sambutannya di Manokwari, Senin.

Pada rapat pleno yang akan digelar selama dua hari tersebut, ia mengatakan KPU Manokwari melaksanakan mekanisme sesuai Undang-Undang (UU0 Nomor 7/2017 tentang pemilu dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5/2024 tentang rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu.

Ia mengatakan, KPU Manokwari telah melaksanakan pemilihan suara pada tanggal 14 Februari 2024 dan 24 Februari untuk pemilihan suara ulang (PSU).

Melalui proses tahapan pemilu tersebut, kata dia, masyarakat telah menggunakan hak pilih dengan baik di 673 TPS di Manokwari. Proses pemungutan suara telah berjalan dengan baik, lancar dan aman.

"Lancarnya pesta demokrasi di Manokwari tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, baik masyarakat, 18 parpol peserta pemilu, aparat keamanan dan pemerintah daerah," katanya.

Ia juga mengajak seluruh pendukung kontestan pemilu untuk menjaga keberagaman dalam berdemokrasi di Kabupaten Manokwari.

Menurut dia, pilihan dalam berpolitik bisa berbeda. Namun, dalam menjaga persatuan dan kesatuan harus tetap jadi yang utama. Itulah yang menjadi komitmen semua pihak di Kabupaten Manokwari.

"Setelah pemilu selesai, kita tetap menjadi masyarakat Manokwari yang bertanggung jawab dan menjaga kota dengan damai dan nyaman untuk ditinggali," katanya.

Mewakili pemerintah daerah, Sekda Manokwari Henri Sembiring mengatakan perlu kebutuhan tanggungjawab dan kedewasaan berpolitik dari semua pihak agar pleno KPU Manokwari dapat berjalan baik.

"Memang untuk bisa menerima kekalahan itu sedikit agak sulit. Tapi apabila disikapi dewasa dan rendah hati maka pasti mereka akan terima. Harapan kami pleno ini dapat berjalan dengan baik dari awal hingga tuntas," katanya

Ia mengatakan Pemkab Manokwari telah memberi dukungan penuh pada seluruh penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu agar pemilu serentak dapat berjalan lancar pada seluruh tahapannya.

"Jadi kita mendukung semuanya terutama di sisi anggaran. Tidak hanya KPU dan Bawaslu, tapi juga aparat keamanan TNI-Polri," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024