Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menerima kiriman logistik Pemilu 2024 berupa 117.296 lembar surat suara untuk pemilihan presiden dan DPD RI.

Ketua KPU Teluk Bintuni Muh. Makmur Memed Alfajri di Manokwari, Kamis, mengatakan logistik surat suara yang telah diterima masing-masing 58.648 lembar surat suara pilpres dan 58.648 lembar surat suara DPD RI.

"TPS di Kabupaten Teluk Bintuni berjumlah 280 dan DPT (daftar pemilih tetap) berjumlah 57.380 orang. Surat suara pilpres yang kita terima ditambah cadangan 2 persen sebanyak 1.268 lembar, jadi total 58.648 lembar. Begitu juga untuk surat suara DPD RI," katanya.

Ia menjelaskan KPU Teluk Bintuni bersama Bawaslu dan kepolisian setempat mengawal pembongkaran logistik surat suara di Kantor KPU Manokwari.

Setelah pembongkaran, KPU akan melakukan penyortiran berdasarkan kardus surat suara. Setelah disortir, surat suara langsung dibawa ke Kabupaten Teluk Bintuni dengan tambahan pengawalan dari Polda Papua Barat.

"Kita langsung berangkat ke Kabupaten Teluk Bintuni hari ini. Untuk sortir surat suara per lembar nanti kita lakukan di Teluk Bintuni," ujarnya.

Ia mengatakan KPU Teluk Bintuni juga sudah menyiapkan gudang untuk menyimpan seluruh logistik Pemilu 2024. Seluruh logistik sudah tiba kecuali surat suara untuk pemilihan legislatif.

Makmur menambahkan, saat ini tahapan Pemilu 2024 yang memasuki masa kampanye di Teluk Bintuni dalam kondisi aman dan lancar.

"Pemasangan APK selama kampanye tidak keluar dari zonasi yang ditentukan," katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024