Personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari bersiaga di sejumlah pantai dan destinasi wisata di Manokwari, Papua Barat yang ramai dikunjungi warga selama libur Tahun Baru 2024. 

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Manokwari Markus Lukas, di Manokwari, Rabu, mengatakan, personel Basarnas dikerahkan untuk bersiaga di Pantai Pasir Putih, Pantai Amban dan Pantai Bakaro. 

“Setiap objek wisata dikerahkan enam personel untuk bersiaga, menjaga hal-hal yang tak diinginkan bersama,” kata Markus saat bersiaga di Pantai Pasir Putih.

Ia menjelaskan, Basarnas Manokwari bersiaga sejak 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2024. Personel SAR Manokwari berjaga dari pukul 09.00 WIT hingga 18.00 WIT.

Untuk bersiaga di destinasi wisata, personel Basarnas Manokwari melengkapi diri dengan peralatan berenang seperti jaket penyelamat, dan peralatan medis seperti tandu.

Menurutnya, wisatawan mulai memadati destinasi wisata usai tahun baru, dari tanggal 1 Januari hingga kini. Hal itu didukung beberapa hari terakhir cuaca di Manokwari cerah dan tidak hujan. 

“Selama bersiaga di Pantai Pasir Putih, aktivitas wisata masyarakat tidak ada yang terkendala. Kami terus memberi imbauan kepada para orang tua yang membawa anak untuk tetap mengawasi anak ketika berenang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengimbau pada pengelola wahana wisata laut untuk tetap menjaga keselamatan meski wisatawan membludak. 

“Di antara pelaku usaha, kami telah mengimbau pengelola odong-odong laut untuk membatasi penumpang agar tidak melebihi kapasitas,” ujarnya.

Salah satu pengelola odong-odong laut, Kristofer Ariks mengakui, dalam dua hari terakhir, wisatawan Pantai Pasir Putih Manokwari mencapai ratusan orang per harinya.

Hal itu membuatnya cukup kewalahan mengatur jumlah penumpang yang naik ke odong-odong laut karena antusiasme yang tinggi.

“Tiap awal tahun begini pasti ramai. Kalau mereka sudah masuk sekolah dan kerja, kembali seperti biasa,” ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024