Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menyediakan dana senilai Rp57 miliar untuk pembangunan dua buah jembatan dan jalan sepanjang kurang lebih tujuh meter di Kampung Maibo, Distrik Sorong guna membuka akses pertumbuhan ekonomi di kampung itu.
 
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sorong Herizet saat mengikuti kegiatan peluncuran program penertiban dan pengawasan terhadap pengusaha produk peternak ayam di  Sorong, Selasa.
 
Herizet menjelaskan PU telah turun ke Kampung Maibo untuk melihat kondisi jalan dan jembatan sesuai dengan instruksi Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso saat melakukan kunjungan ke kampung itu.
 
"Hasil turlapnya kita melakukan estimasi anggaran yang dibutuhkan senilai Rp57 miliar dengan rincian dia buah jembatan besar nilai anggaran Rp16 miliar dan satu jembatan kecil senilai Rp1 miliar," beber Kepala Dinas PU Kabupaten Sorong.
 
Kemudian selain jembatan, kata dia, ada juga jalan sepanjang tujuh meter butuh perbaikan dengan estimasi dana senilai Rp40 miliar.
 
"Kita nanti anggarkan pada APBD 2024 mendatang," kata Herizet.
 
Dia mengakui bahwa pengerjaan jalan dan jembatan membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga alokasi anggaran pun akan disesuaikan dengan kondisi keuangan APBD.
 
"Jadi pengerjaan infrastruktur itu nanti kita lakukan secara bertahap," beber Herizet.
 
Dia memastikan bahwa mulai tahun depan pengerjaan jalan dan jembatan sudah mulai dijalankan, namun tetap melihat kondisi keuangan sehingga pengerjaan akan dilakukan secara bertahap.
 
"Memang tahun depan kita mulai kerjaan tapi mungkin yang lebih diprioritaskan itu jembatan atau jalan, nanti kita lihat sisi urgennya," kata dia.
 
Sebelumnya Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso melakukan kunjungan kerja ke Kampung Maibo dan melihat secara dekat kondisi kampung itu.
 
"Karena kampung ini merupakan kampung perbatasan maka perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah," ungkap Mosso saat berkunjung ke Kampung Maibo, Selasa (24/10).
 
Dia memastikan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan akan menjadi prioritas pada APBD 2024, supaya akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan bisa berjalan normal dan maksimal.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023