Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat bersama KPU Manokwari mengajak ratusan santri dari Ponpes Darussalam, Ponpes Futuiyah dan Sallafiayah nonton bareng (nobar) film Kejarlah Janji untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, di Manokwari, Minggu.

Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya mengatakan, film Kejarlah Janji karya sutradara Garin Nugroho merupakan film edukasi politik yang menyebarkan pesan agar masyarakat terutama generasi muda berpartisipasi pada pemilu 2024.

"Film yang diproduksi KPU ini memberi tiga pesan penting. Salah satunya adalah menjelaskan kepada para pemilih pemula untuk mempergunakan haknya pada pemilu tahun depan. Film ini juga mengajak kita semua untuk mewujudkan janji meraih sukses masa depan," kata Paskalis.

Ia mengatakan, nobar juga dimanfaatkan KPU melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024 di Papua Barat dan Manokwari kepada para pemilih pemula di lingkungan pesantren.

Menurutnya, generasi milenial harus memiliki kesadaran politik untuk menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan berpartisipasi pada pesta demokrasi.

Pimpinan Ponpes Darussalam Maftuhin menyatakan, tema HSN tahun ini yaitu Jihad Santri Jayakan Negeri dimaknai berupa tekad para santri untuk membangun negeri, termasuk sukseskan pemilu.

"Kami siap mendukung apapun program KPU untuk sukses pemilu. Kami dengan sukarela kapan pun dapat diajak untuk melakukan kegiatan demi kesuksesan pemilu," ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari Christin Rumkabu yang mendampingi Ketua KPU Papua Barat mengapresiasi sambutan hangat dari pengurus pesantren dan ratusan santri yang hadir. Kerjasama tersebut diharapkan bisa terus terjalin demi suksesnya pemilu mendatang.

Tidak hanya nonton bareng di pesantren, pada 28 Oktober mendatang KPU Manokwari juga akan melakukan nobar di kampus-kampus. Acara yang dikemas dalam kegiatan Goes to Campur tersebut, akan melibatkan para mahasiswa di sejumlah kampus di Kota Manokwari.

Jelang pelaksanaan pemilu, KPU terus gencarkan sosialisasi baik kepada pemilih pemula, kegiatan juga menyasar sejumlah kelompok masyarakat. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pada Pemilu, 14 Februari 2024 mendatang.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023