Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan hari ulang tahun ke-24 Provinsi Papua Barat harus dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi agar pelayanan masyarakat terus meningkat.

"Banyak capaian positif yang sudah diraih Provinsi Papua Barat yang berulang tahun hari ini. Namun, kita tidak boleh cepat puas. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan," kata Hermus di sela-sela upacara HUT Provinsi Papua Barat di Manokwari, Kamis.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Berat perlu membuat rumusan kebijakan yang kompetitif dan inovatif. Sehingga tema HUT kali ini yaitu Papua Barat maju dan berdaya saing bisa diwujudkan menjadi kenyataan baik oleh pemerintah maupun seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat.

Ia menjelaskan, Pemprov Papua Barat harus bisa membangun komitmen bersama dengan pemerintah daerah, pihak swasta dan seluruh masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang kondusif.

Menurutnya, seluruh masyarakat dan pemerintah daerah perlu bersatu dan berjuang memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

"Kita berharap momentum ini menjadikan kita seluruh anak bangsa dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, dan golongan bisa bersatu, membangun di Papua Barat. Tujuannya satu yaitu kita mau membangun peradaban di tanah ini," kata Hermus.

Ia menambahkan, dengan bertambahnya umur menjadi 24 tahun, Papua Barat saat ini sudah menjadi berkah banyak orang. Banyak orang yang dulu kehidupannya biasa-biasa saja bahkan di bawah standar, kini kehidupan jauh lebih baik. Kesejahteraan masyarakat di Papua Barat meningkat jauh lebih baik.

"Angka kemiskinan seperti yang disampaikan Pak Pj Gubernur sudah sangat menurun jauh. Kemudian indeks pembangunan manusia (IPM) di Provinsi Papua Barat juga jauh lebih meningkat dan banyak capaian positif yang dirasakan oleh masyarakat melalui kehadiran provinsi ini," katanya.*

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023