Personel TNI dari Koramil 1809-03/Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya membantu masyarakat menanam kacang tanah guna memperkuat ketahanan pangan di wilayah itu.

Danramil 1809-03/Aitinyo Pelda Terry Jitmau di Maybrat, Sabtu, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari Dandim 1809/Maybrat Letkol Inf. Yoannes Andy W. yang diturunkan kepada setiap Koramil agar berperan aktif untuk membantu kesulitan warga yang berada di wilayah sektor tanggung jawabnya, supaya ketahanan pangan masyarakat bisa terjamin secara maksimal.

"Ini adalah arti dari keberadaan para anggota babinsa di tengah masyarakat, selain melakukan tugas pokok menjaga keamanan wilayah juga berkewajiban membantu kesulitan warga sekitar, sebagaimana tertuang dalam 8 wajib TNI," jelas Danramil 1809-03/Aitinyo Pelda Terry.

Dia mengakui bahwa dimana pun personel ditempatkan, kepedulian terhadap kehidupan masyarakat di wilayah binaan pun turut menjadi bagian penting untuk dilaksanakan.

"Apalagi membantu warga dalam menanam berbagai jenis tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui program ketahanan pangan, kita siap membantu," kata dia.

Dia berkomitmen, kegiatan ini akan berlanjut terus menerus dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong sebagai tempat pengembangan untuk bercocok tanam dengan berbagai kebutuhan masyarakat sehari-hari, sehingga ke depan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi khususnya bagi masyarakat dengan kondisi ekonomi ke bawah.

Dirinya berharap, melalui kegiatan program ketahanan pangan ini akan lebih mendekatkan relasi antara personel Kodim 1809/Maybrat dengan warga masyarakat, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman di lingkungan kampung yang ada di Distrik Aitinyo Swasiau khususnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023