Bupati Manokwari Hermus Indou menegaskan Kabupaten Manokwari siap menjadi tuan rumah even atau kegiatan-kegiatan berskala nasional dan internasional.

“Kalau kita ingin membangun pariwisata dan bangun di daerah ini, maka harus perbanyak penyelenggaraan kegiatan di daerah ini,” kata Hermus saat membuka Grand Prix Manokwari Choir Competition 2023, Mixed Choir Category (MCC) di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Senin malam.

Hermus mengatakan, banyak manfaat yang bisa didapat saat Kabupaten Manokwari menjadi tuan rumah kegiatan skala nasional dan internasional. Manfaat terbesar adalah bisa menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). 

“Karena banyak orang datang ke kota ini maka perekonomian kita hidup, produk UMKM, perhotelan dan sebagainya. Kita pastikan kesiapan untuk menyongsong Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi),” ujar Hermus.

Menurutnya, produk-produk UMKM dan sektor pariwisata perlu diperkuat lagi ke depannya. Sektor wisata tidak hanya wisata alam saja yang diperkuat melainkan wisata budaya dan wisata religi yang semua dimiliki oleh Manokwari. 

“Pemerintah terus berkomitmen bangun Manokwari dari semua aspek pembangunan dan tidak hanya pembangunan fisik, tapi juga pembangunan budaya dan religi. Kita pastikan budaya kita tidak pernah mati. Kita punya identitas jelas untuk membangun bangsa dan negara,” tegasnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Paduan Suara Gerejawi (LPPD) Manokwari Yusuf Sawaki, mengungkapkan, Grand Prix Manokwari Choir Competition 2023 MCC memiliki dua misi yaitu pembentukan kontingen Manokwari untuk Pesparawi Nasional 2025 di Manokwari dan mengasah kelompok paduan suara profesional. 

"GP ini sudah menjadi pembicaraan hampir 15 tahun, ganti bupati, tidak terlaksana, dan tahun ini baru bisa terlaksana atas sinergi dengan pemerintah daerah Manokwari," tutur Sawaki.

LPPD Manokwari menghadirkan juri internasional dari Filipina serta juri nasional dari Jakarta dan Surabaya untuk kompetisi ini.

Kompetisi paduan suara ini diikuti oleh peserta dari GKI I. S. Kijne Choir Jayapura, Beatus Choir Manokwari, Hiyakhe Bhim Choir Jayapura, Jefsi Choir Manokwari, Caritas Choir Manokwari, dan Sudently Choir Manokwari.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023