Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad meminta Penjabat Bupati Maybrat Bernhard Rondonuwu untuk mengibarkan bendera Merah Putih ke tiap kampung sebagai bagian dari kehadiran simbol kemerdekaan bagi masyarakat.

"Saya berikan bendera ini kepada Penjabat Bupati Maybrat dengan tujuan supaya terus dikibarkan kepada masyarakat yang ada di setiap desa, dusun dan RT/RW supaya mereka bisa merasakan bahwa Indonesia sudah merdeka," jelas Penjabat Gubernur Muhammad Musa'ad pada upacara pendistribusian 10 juta bendera di Kabupaten Maybrat, Senin.

Sejak tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus, sebut dia, Pemerintah Papua Barat Daya telah mencanangkan sebagai bulan kemerdekaan dan pendistribusian 10 juta bendera.

"Dan kita hadir di sini untuk merealisasikan pencanangan itu dengan mendistribusikan 10 juta bendera sebagai bentuk penghormatan kepada para kusuma bangsa yang telah memperjuangkan dan mendapatkan kemerdekaan. Kita hari ini tugasnya adalah mengisi kemerdekaan,” kata Musa'ad.

Tugas Pemerintah Kabupaten Maybrat adalah melanjutkan pengibaran bendera Merah Putih ke setiap distrik dan desa/kampung untuk berkibar. Sebab itu sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia telah mengalami kemerdekaan 78 tahun silam.

"Penjabat Bupati Maybrat harus memastikan bendera Merah Putih harus berkibar secara baik ke setiap pelosok di kabupaten ini," pinta Musa'ad.

Karena, kata dia, selain sebagai ungkapan kemeriahan menyongsong HUT RI ke-78 yang disemarakkan melalui pengibaran bendera, tetapi lebih dari itu adalah sebagai ungkapan ekspresi kegembiraan rakyat karena Indonesia sudah merdeka 78 tahun

Kemudian, pengibaran bendera Merah Putih juga sebagai salah satu sikap untuk memenuhi nilai nasionalisme yang sedikit sudah mulai pudar dan terjadinya degradasi nasionalisme kebangsaan di tengah masyarakat.

"Jarang sekali kita melihat bendera Merah Putih berkibar di halaman rumah, ini menunjukkan sikap nasionalisme sudah sedikit menurun sehingga kita adakan pengibaran bendera Merah Putih," ungkap Musa'ad.

Pada kunjungan itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad juga menyerahkan bendera Merah Putih kepada setiap kepala distrik dan kampung dengan harapan agar dikibarkan di setiap wilayah itu.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023