Sebanyak 92 dari 236 bakal calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat kabupaten periode 2023-2028 se-Provinsi Papua Barat, dinyatakan lolos seleksi tertulis menggunakan sistem komputerisasi atau computer assisted test (CAT) dan psikotes.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Kabupaten se-Papua Barat George Aunsu di Manokwari, Jumat, mengatakan peserta yang lolos tahapan tes tertulis dan psikotes berasal dari tujuh kabupaten, yaitu Fakfak, Kaimana, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.

Jumlah dan nama peserta yang lolos dalam tahapan tersebut telah diumumkan melalui Surat 041/Timsel-Bawaslu/Kab.PB/07/2023.

"Ada 92 bakal calon dari tujuh kabupaten lolos tahapan CAT dan psikotes," kata George.

Ia merinci bakal calon anggota Bawaslu dari Kabupaten Fakfak 12 orang, Kaimana 12 orang, Manokwari 12 orang, Manokwari Selatan 12 orang, Pegunungan Arfak 12 orang, Teluk Wondama 12 orang, dan Teluk Bintuni 20 orang.

Peserta yang lolos disesuaikan dengan ketentuan, yaitu empat kali kebutuhan atau jumlah pendaftar dikalikan jumlah calon yang akan dilantik menjadi anggota Bawaslu.

"Dari tujuh kabupaten di Papua Barat, hanya Teluk Bintuni yang butuh lima anggota Bawaslu, sedangkan enam kabupaten lainnya tiga orang," jelas George.

Ia menjelaskan tahapan seleksi selanjutnya adalah tes kesehatan yang diselenggarakan di Rumah Sakit Bhayangkara Lodewijk Mandacan pada 14-18 Juli 2023, pukul 08.00 WIT.

Setelah itu bakal calon anggota Bawaslu kabupaten akan mengikuti tes wawancara pada 17-21 Juli 2023, pukul 08.00 WIT dan lokasi tes wawancara akan diinformasikan ke seluruh peserta yang lolos.

Tes kesehatan dan wawancara, kata dia, mengalami pergeseran dari jadwal semula karena ada kendala teknis saat pengecekan data NIK bakal calon anggota Bawaslu kabupaten di seluruh Indonesia.

"Tes kesehatan awalnya tanggal 12 Juli sampai 14 Juli 2023, sama halnya dengan tes wawancara juga bergeser dari jadwal semula," tutur George.

Ia menegaskan bahwa keterlambatan pengumuman hasil CAT dan psikotes tidak mengandung unsur kesengajaan, melainkan kendala teknis pada aplikasi yang digunakan dalam proses perekrutan.

Timsel membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap hasil seleksi setiap tahapan penerimaan calon anggota Bawaslu tingkat kabupaten di Papua Barat.

"Masyarakat dapat memberikan tanggapan tertulis yang ditujukan kepada timsel terkait bakal calon. Timsel menjamin kerahasiaan identitas masyarakat yang beri tanggapan," tutur George Aunsu.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023