Sebanyak 236 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten se-Provinsi Papua Barat periode 2023-2028 mengikuti tes tertulis yang diselenggarakan di Kantor Regional XIV BKN Manokwari selama dua hari yaitu Senin-Selasa (26-27 Juni 2023).

Ketua tim seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu kabupaten se-Papua Barat George Aunsu di Manokwari, Senin, mengatakan tes tertulis menggunakan sistem komputerisasi (computer assisted test) maupun esai dibagi dalam empat sesi.

"Pelaksanaan seleksi CAT dan esai dibagi dalam empat sesi setiap hari selama dua hari," kata George.

Ia menjelaskan ratusan calon anggota Bawaslu yang mengikuti seleksi berasal dari tujuh kabupaten di Papua Barat yaitu Fakfak 39 orang, Kaimana 31 orang, dan Manokwari 67 orang.

Kemudian Manokwari Selatan 24 orang, Pegunungan Arfak 20 orang, Teluk Bintuni 40 orang, dan Teluk Wondama 15 orang.

"Berkas dari seluruh bakal calon yang mengikuti tes tertulis sudah diverifikasi," ujar dia.

Setelah itu, kata dia, 236 calon anggota Bawaslu tingkat kabupaten akan mengikuti tahapan seleksi psikologi pada Selasa pekan depan (4/7).

Sehari sebelum tes psikologi, peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti gladi yang nantinya diselenggarakan di dua sekolah di Manokwari.

"Ada dua sekolah yang menjadi lokasi tes psikologi, SMA Negeri 1 Manokwari dan SMK Negeri 1 Manokwari," terang dia.

Ia menjelaskan pendaftaran calon anggota Bawaslu tingkat kabupaten dibuka 29 Mei-7 Juni 2023, namun jumlah pendaftar belum memenuhi delapan kali kebutuhan dan kuota 30 persen perempuan.

Timsel kemudian memperpanjang masa pendaftaran untuk tujuh kabupaten di Papua Barat pada 13-21 Juni 2023, meliputi empat kabupaten secara keseluruhan dan tiga kabupaten khusus calon perempuan.

"Tiga kabupaten yang dibuka khusus perempuan yaitu Manokwari, Kaimana, dan Fakfak," ucap George.

Anggota Timsel calon anggota Bawaslu kabupaten se-Papua Barat Sahariana menjelaskan, penerimaan calon anggota Bawaslu sesuai ketentuan delapan kali kebutuhan adalah jumlah pendaftar dikalikan jumlah calon yang nantinya dilantik menjadi anggota Bawaslu.

Dari tujuh kabupaten di Papua Barat, hanya Kabupaten Teluk Bintuni yang dibutuhkan lima anggota Bawaslu sedangkan enam kabupaten lainnya hanya tiga orang.

"Artinya jumlah pendaftar dari Bintuni harus delapan kali lima sama dengan 40 orang, kalau lainnya delapan kali tiga," jelas Sahariana.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023