Tim seleksi calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat, mengumumkan empat calon anggota Bawaslu Papua Barat periode 2023-2028 yang dinyatakan lolos seleksi kesehatan dan wawancara.

Ketua Timsel Anggota Bawaslu Papua Barat Mervin Arison Asmuruf di Manokwari, Kamis, mengatakan empat calon yang lolos tes kesehatan dan wawancara terdiri atas tiga orang calon laki-laki dan satu calon perempuan. Mereka adalah Daud Daniel Balubun, Menahen Julens Sabarofek, dan Lenny Kabra.

Ia menjelaskan bahwa tes kesehatan dan wawancara diikuti oleh delapan calon yang hasilnya telah ditinjau oleh Bawaslu Republik Indonesia. Selanjutnya, timsel menggelar rapat pleno penetapan empat dari delapan calon sesuai pedoman dan ketentuan Bawaslu Republik Indonesia.

Pengumuman empat calon anggota Bawaslu Papua Barat tertuang dalam surat pengumuman nomor 038/Timsel-Bawaslu/PB/06/2023.

"Hasil pleno kita sampaikan ke Bawaslu RI terlebih dahulu untuk direview, baru bisa kita umumkan ke publik," kata Mervin Asmuruf.

Ia menekankan penetapan empat calon anggota Bawaslu Papua Barat diperoleh dari akumulasi hasil tes kesehatan dan wawancara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Keseluruhan tahapan seleksi calon telah diselenggarakan dengan transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau hasil kesehatannya direkomendasikan maka kita akumulasikan. Kalau tidak direkomendasikan, maka kita tidak bisa akumulasikan," ucap Mervin.

Minggu depan, kata dia, hasil pengumuman empat calon anggota Bawaslu Papua Barat akan disampaikan ke Bawaslu RI sekaligus laporan pertanggungjawaban timsel selama proses seleksi.

Empat calon anggota Bawaslu Papua Barat nantinya mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia.

"Kerja timsel hanya sampai dapat dua kali kebutuhan. Tahap selanjutnya jadi kewenangan pusat (Bawaslu RI)," tutur Mervin.

Ia menuturkan ruang tanggapan publik masih tetap dibuka setelah empat calon anggota Bawaslu Papua Barat diumumkan. Meskipun masa kerja telah berakhir, namun timsel bersedia memfasilitasi apabila ada tanggapan dari masyarakat terhadap empat nama calon tersebut.

"Ruang tanggapan masyarakat masih dibuka tapi langsung disampaikan ke Bawaslu RI, bisa juga lewat kami (timsel). Karena tanggapan publik itu nanti diuji oleh Bawaslu RI saat fit and proper test," ujar Mervin Asmuruf.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023