Kabupaten Manokwari, Papua Barat tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 175 orang calon haji ke Tanah Suci, Arab Saudi yang akan dilepas secara resmi pada 1 Juni mendatang oleh Bupati Manokwari Hermus Indou.

Kepala Seksi Haji pada Kementerian Agama Kabupaten Manokwari Wamardi Ugaje di Manokwari, Sabtu, mengatakan kuota jamaah calon haji tahun ini sudah normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19.

"Kuota haji sudah kembali normal 100 persen, secara usia juga tidak ada batasan. Jumlah calon haji yang akan berangkat meningkat dari tahun lalu yang hanya dialokasikan sebanyak 81 orang," kata Wamardi.

Dari total 175 orang calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci, delapan orang diantaranya merupakan warga lanjut usia (lansia).

Persiapan keberangkatan jamaah haji Kabupaten Manokwari, demikian Wamardi, sudah sekitar 90 persen. Para jamaah calon haji juga telah melengkapi semua dokumen administrasi serta mengikuti bimbingan manasik haji pada 21 Maret. 

"Verifikasi kelengkapan dokumen sudah selesai semuanya, tinggal pencetakan kartu identitas dan kartu kesehatan jamaah haji dari dinas kesehatan," sebut Wamardi.

Rencananya para jamaah calon haji tersebut akan berangkat menuju Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan pada 4 Juni. Mereka akan bergabung dengan jamaah calon haji asal Provinsi  Papua Barat lainnya pada kloter 19.

 

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023