Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Engelbertus Kocu sebagai Penjabat Bupati Tambrauw satu tahun ke depan, berdasarkan surat keputusan (SK) Nomor 100.2.3-1219 Tahun 2023.
 
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad di Sorong, Selasa, menjelaskan Mendagri telah memberikan nilai positif terhadap kinerja Penjabat Bupati Tambrauw selama satu tahun kemarin, sehingga dirasa perlu oleh Mendagri memperpanjang masa jabatan mantan sekda Kabupaten Tambrauw itu.
 
"Mendagri telah memberikan penilaian-penilaian sesuai prosedur terhadap kinerja Pj Bupati Tambrauw selama satu tahun, sehingga memang perlu diperpanjang masa jabatan itu," jelas Musa'ad.
 
Berkaitan dengan itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya kemudian menitipkan pesan yang perlu dilakukan pada satu tahun ke depan, yakni sukseskan pemilu, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mengurangi angka pengangguran terbuka dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
 
“Saya berharap Penjabat Bupati Tambrauw harus langsung melakukan konsolidasi dan bersinergi dengan semua pihak supaya target itu bisa tercapai," pinta Musa'ad.
 
Sebab, menurut Musa'ad, tugas dan fungsi pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, membangun infrastruktur dan memberdayakan masyarakat.
 
Posisi pemerintah, kata Musa'ad, harus responsif dan berpihak kepada aspirasi masyarakat dengan membangun kolaborasi antarpihak guna mendukung segala program pembangunan strategis di Kabupaten Tambrauw.
 
“Saya berharap Pj Bupati Tambrauw beserta semua jajaran, agar lebih dekat kepada masyarakat, lebih responsif kepada kepentingan masyarakat, memperhatikan aspirasi masyarakat dan wujud nyatakan harapan-harapan masyarakat," pinta dia.
 
Musa'ad mengakui bahwa Kabupaten Tambrauw, sebenarnya memiliki banyak potensi sumber daya alam yang perlu mendapatkan sentuhan. Namun, minimnya kolaborasi antar berbagai pihak sehingga menyebabkan potensi itu tidak tersentuh secara baik.
 
“Saya minta Pj Bupati Tambrauw pulang ke kampung lakukan konsolidasi dan duduk bersama membahas masa depan. Karena tidak ada yang dapat merubah wajah Tambrauw, hanya orang-orang yang hidup di Tambrauw yang memiliki tanggung jawab itu. Pj Bupati Tambrauw sebagai nakoda dan pemimpin disana harus segera mengambil langkah-langkah,” tegasnya.
 
Sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya, dirinya berkomitmen akan terus mengawasi dan memantau kepala daerah yang ada di bawah Provinsi Papua Barat Daya.
 
“Sebagai wakil pemerintah pusat, saya diminta untuk terus memantau dan mengawasi para bupati, penjabat bupati yang ada di sini," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Tambrauw Engelberthus Gabriel Kocu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beserta seluruh jajaran yang telah memperpanjang masa jabatannya sebagai Penjabat Bupati Tambrauw.
 
“Saya siap melaksanakan apa yang sudah diperintahkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, misalnya mensukseskan pemilu, lebih dekat kepada masyarakat, lebih responsif kepada kepentingan masyarakat, memperhatikan aspirasi masyarakat dan wujud nyatakan harapan-harapan masyarakat,” tegas Pj Bupati Tambrauw.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023