Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya berkomitmen menggandeng Bank Papua guna menyediakan modal pinjaman kepada seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga pada kegiatan pelatihan pelaku UMKM di Kota Sorong, Kamis, menjelaskan penyediaan modal bagi setiap pelaku UMKM sangat penting untuk menunjang peningkatan dan kebutuhan ekonomi.

Karena, kata Yarangga, banyak pelaku UMKM di Kota Sorong tidak memiliki modal untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik.

"Sehingga, kita akan berupaya membangun kerja sama dengan Bank Papua guna menyediakan modal pinjaman," kata Yarangga.

Disebutkan, pemerintah senantiasa memberikan berbagai pelatihan peningkatan kapasitas dan bantuan alat, tetapi jika tidak didukung dengan modal usaha tentu akan berdampak pada minimnya perkembangan dan peningkatan UMKM tersebut.
 
"Nanti kita sepakati dengan Bank Papua terkait mekanisme kemudahan pinjaman bagi setiap pelaku UMKM," kata Yarangga.
 
Tujuan Pemerintah Kota Sorong terkait upaya memberikan kemudahan modal usaha ini untuk memberdayakan setiap pelaku UMKM agar naik level ke tingkat yang lebih tinggi.
 
"UMKM tumbuh, maka ekonomi Kota Sorong pun akan berkembang secara baik," jelas dia.
 
Apalagi, kata dia, Kota Sorong merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat Daya dengan berbagai percepatan pembangunan, tentunya setiap UMKM harus melihat peluang tersebut untuk berwirausaha menuju pertumbuhan dan perkembangan ekonomi secara baik dan maksimal.
 
"Dalam waktu dekat ini kita rapat bersama Bank Papua untuk membicarakan fasilitas pinjaman permodalan bagi UMKM tersebut," kata dia.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023