Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya berharap dukungan kepada Kementerian Kesehatan untuk membantu menyediakan tenaga dokter spesialis di wilayah itu guna menunjang pelayanan kesehatan.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw Lenny Hae, di Sorong, menjelaskan Kabupaten Tambrauw masih minim Sumber Daya Manusia di bidang kesehatan khususnya tenaga dokter spesialis.
 
"Kami minta dukungan dari Kementerian Kesehatan untuk menyediakan tenaga dokter spesialis," jelas Lenny Hae.

Sebab, menurut dia, tenaga kesehatan yang ada saat ini merupakan program Nusantara Sehat yang diperbantukan di setiap puskesmas dan rumah sakit.

"Memang kami harus punya dokter spesialis karena kami sudah punya rumah sakit," kata Lenny Hae.

Kabupaten Tambrauw, kata dia, telah memiliki Rumah Sakit Pratama dan sesuai dengan standar rumah sakit tersebut memang harus ada enam tenaga dokter spesialis yang terdiri dari empat dokter spesialis utama dan dua dokter spesialis penunjang.

"Kita akan berupaya ke arah sana," ungkap Lenny Hae.

Diakui bahwa selama ini, setiap ada pasien dengan riwayat penyakit yang membutuhkan penanganan serius, selalu dirujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Sorong atau Kabupaten Sorong.

"Jadi kita selalu rujuk ke Kota Sorong untuk pasien dengan penyakit serius, Karena memang sampai saat ini kita belum ada dokter spesialis," pungkas dia.

Kendati pun demikian Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw akan terus berupaya ke Kementerian Kesehatan guna membantu menyediakan dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023