Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua berpendapat festival makan durian menunjukkan semangat gotong royong yang dapat menyatukan seluruh warga Maluku di negeri berjuluk 'Port Numbay' tersebut.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti saat membuka festival makan durian di Jayapura, Selasa, mengatakan, pihaknya mengapresiasi sekaligus mendukung festival tersebut karena untuk pembangunan rumah ibadah sekaligus melalui festival ini dapat mempersatukan warga Maluku yang ada di Kota Jayapura.

"Atas nama pemerintah Kota Jayapura kami sangat mendukung segala bentuk kegiatan sosial dan amal yang bertujuan untuk membantu sesama dan juga kami saya bangga melihat bagaimana acara seperti ini dapat menyatukan seluruh warga masyarakat Maluku yang ada di Kota Jayapura," katanya.

Menurut Widi, warga Maluku di Papua telah memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan di Kota Jayapura dan juga di Pemerintahan Kota Jayapura.

"Selain itu juga membantu menjaga keamanan dan kenyamanan Kota Jayapura dan dan dalal pembangunan di tanah Papua," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Papua Cristian Sohilait mengatakan pihaknya mengharapkan festival makan durian sepuasnya bisa menjadi agenda tahunan yang dapat membangun kebersamaan sesama anak-anak Maluku di Papua.

"Kegiatan festival makan durian tidak hanya bersifat seremoni saja tetapi ada nilai seni dan budaya yang dibangun di mana pengunjung tidak hanya menikmati durian asli dari Maluku tetapi juga mereka dapat menyaksikan tarian adat dari Maluku yang di pentas saat acara acara berlangsung," katanya.

Dia menjelaskan dalam festival makan durian sepuasnya yang digagas oleh pemuda Maluku yang tergabung dalam hubungan Gandong Tamilouw, Hutumuri dan Siri Sori (Mosilou) Jayapura guna memperingati HUT ke 206 Kapitan Pattimura 2023.

Sekadar untuk diketahui Pemuda Ikatan Maluku hubungan gandong Tamilouw, Hutumuri dan Siri Sori (Mosilou) Jayapura menggelar festival makan durian sepuasnya pada Selasa (25/4) di kawasan PTC Entrop, Kota Jayapura dalam rangka menggalakkan dana untuk pembangunan gedung gereja di Maluku tetapi juga rangkaian untuk memperingati HUT ke 206 Kapitan Pattimura.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023