Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso mengklaim seluruh komponen warganya memiliki komitmen yang kuat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Saat menghadiri acara deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama menyukseskan Pemilu 2024 di Sorong, Selasa, Mosso mengatakan Pemda, Forkopimda, penyelenggara Pemilu, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kabupaten Sorong akan mengawal penyelenggaraan pesta demokrasi pada setiap tahapan hingga bisa berjalan aman, lancar, tertib dan berkualitas.

"Bagian ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan sekaligus menjamin tahapan demi tahapan berjalan lancar, aman dan berkualitas," ujar Mosso.

Ia mengingatkan bahwa penyelenggaraan Pemilu yang lancar, aman dan berkualitas tidak lepas dari kondusif-nya situasi keamanan daerah.

Karena itu, Mosso meminta dukungan dari seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Sorong untuk menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang aman dan nyaman, tanpa konflik.

"Harapan kami komitmen ini perlu dijalankan secara maksimal oleh setiap pemangku kepentingan sehingga proses dan tahapan pemilu ini bisa berlangsung secara baik dan berkualitas," harapnya.

Ketua KPU Kabupaten Sorong Adomince Pandori mengapresiasi Pemkab setempat atas  komitmen bersama yang telah dibangun untuk menciptakan pemilu yang aman, damai dan berkualitas di Kabupaten Sorong.

Menurutnya, tanggung jawab proses Pemilu mulai dari tahapan awal hingga pelaksanaan pemungutan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 bukan semata-mata menjadi tugas penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, namun membutuhkan keterlibatan semua pihak terkait.

"Karena ini hajatan kita bersama maka kita perlu bertanggung jawab untuk menyukseskan hajatan pemilu itu," jelas Adomince.

Selain Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso, sejumlah pejabat yang ikut menandatangani deklarasi dan komitmen bersama menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Sorong yaitu Sekda Kabupaten Sorong Cliff Agus Japsenang, Dandim 1802/Sorong Letkol Cpn Andi Sigit Pamungkas, Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, perwakilan Kejaksanaan Negeri Sorong, Ketua KPU Kabupaten Sorong Adomince Pandori, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong Regina Gembenop dan lainnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023