Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, melaksanakan bimbingan manasik bagi 172 calon haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo mengatakan bahwa bimbingan manasik ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai syariat kepada warga Muslim yang hendak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Supaya jamaah benar-benar memahami dan mengetahui pelaksanaan ritual ibadah haji," kata Edi saat membuka acara bimbingan manasik haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Selasa.

Dia juga mengingatkan para calon haji untuk mempersiapkan fisik mengingat pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima.

"Tetap jaga kesehatan dan stamina, jaga pola makan, istirahat yang cukup, dan rajin olahraga," katanya.

Selain itu, Edi mengingatkan jamaah dari Kabupaten Manokwari untuk saling bantu dan saling menghormati selama menunaikan ibadah haji.

"Pupuk sikap toleransi, saling menghormati, dan buang jauh-jauh sikap arogan," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari Saul Nauw menjelaskan bahwa bimbingan manasik haji dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh calon haji dan petugas haji daerah.

Saul menjelaskan pula bahwa di antara calon haji asal Kabupaten Manokwari yang dijadwalkan berangkat berhaji tahun 2023 ada lima orang yang berusia lanjut.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan bagi jamaah haji, termasuk jamaah haji yang sudah lanjut usia.
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023