Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manokwari, Polda Papua Barat gencar mengedukasi masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah tersebut.

Kepala Polresta Manokwari Komisaris Besar RB Simangunsong di Manokwari, Senin, mengatakan upaya membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang kamtibmas terus ditingkatkan melalui sejumlah program.
 
"Kami terus pantau kondisi di lapangan, dan pasti kami terus tingkatkan pendekatan ke masyarakat," kata dia.
 
Saat ini, kata dia, Polresta Manokwari telah meluncurkan kegiatan percontohan kampung kamtibmas yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.
 
"Kami hadirkan satu pilot project kampung kamtibmas," ucap Simangunsong.
 
Ia menjelaskan, ada empat konsep yang diaplikasikan pada kampung kamtibmas tersebut yaitu tertib lalu lintas, sadar hukum, bersih dari narkoba, dan peduli keamanan lingkungan.
 
Konsep tertib lalu lintas dibina langsung oleh satuan lalu lintas, konsep sadar hukum di bawah binaan satuan reserse dan kriminal, konsep bersih dari narkoba merupakan binaan satuan reserse narkoba, dan peduli keamanan lingkungan ditangani satuan pembina masyarakat.
 
"Konsep kampung kamtibmas selalu mengedepankan kearifan lokal dan edukasi dengan harapan mampu memberikan kesan yang baik," ujar dia.
 
Menurut dia, tercapainya kualitas keamanan daerah tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat termasuk pemerintah daerah setempat.
 
Oleh karena ini, Polresta Manokwari terus meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 berjalan sesuai ekspektasi.
 
"Unsur pemerintah, masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pihak TNI harus bersinergi," jelas dia.
 
Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou menjelaskan bahwa jaminan kamtibmas merupakan salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional yang ditopang oleh penegakan hukum.

Selain itu, Polresta Manokwari diharapkan dapat memanfaatkan potensi masyarakat dalam mencegah, menangkal dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum serta gangguan kamtibmas lainnya.
 
"Saya berharap dengan adanya kampung kamtibmas maka semakin tercipta kamtibmas yang kondusif," tutur Hermus.
 
Ia menjelaskan, kampung kamtibmas menitikberatkan peran serta aktif seluruh elemen masyarakat baik secara personal maupun kelompok karena semua kegiatan mendapatkan pendampingan dari stakeholder Polri.

Ke depannya, Polresta Manokwari dapat menekan kasus kriminal konvensional yang terjadi selama ini seperti peredaran narkoba, minuman beralkohol, dan perjudian.

"Supaya masyarakat bisa menilai bahwa Polri benar-benar tajam ke atas bukan tajam ke bawah. Kalau semua kasus dituntaskan maka akan berdampak positif bagi Korps Bhayangkara," pungkas Hermus Indou.
 
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023