Asosiasi Olahraga Elektronik (IESPA) Provinsi Papua Barat menggelar 'fun match' Ludo King dengan melibatkan 96 peserta dari berbagai usia yang dipusatkan di Manokwari City Mall (MCM) pada 28-30 Desember 2022 dengan hadiah utama sebesar Rp11 juta.
 
Ketua Harian IESPA Papua Barat Manuel Lambi di Manokwari, Rabu, mengatakan lomba itu pertama kali digelar pihaknya sebagai kegiatan penutup tahun dari sebelumnya tiga kegiatan lomba seperti permainan Mobile Legend (ML) I, Players Unknown Battleground (PUBG) dan Mobile Legend sesi II.
 
"Ini memang olahraga yang belum populer tetapi sebenarnya banyak dinikmati orang banyak. Tujuan kita ingin menggelorakan kembali permainan elektronik di tengah-tengah masyarakat," ujar dia.
 
Manuel menyampaikan Ludo King sengaja dipilih lantaran permainan ini tidak mengenal batas umur termasuk jenis kelamin, tingkat pendidikan dan strata ekonomi.
 
"Semuanya bisa bermain. Makanya kita sengaja angkat Ludo King ini dan dikemas dalam sebuah ajang pertandingan hiburan," jelas Manuel.
 
Pihaknya sejak awal menargetkan lebih dari seratus peserta dapat mengikuti lomba. Hanya saja dia memperkirakan target itu tidak tercapai lantaran lomba digelar di musim liburan akhir tahun.
 
Meskipun begitu, Manuel mengaku puas lantaran peserta beragam yang ikut dalam lomba. Dia menyebutkan lomba ini diikuti peserta termuda berumur 7 tahun dan tertua yakni berusia 67 tahun.
 
Manuel menambahkan pihaknya berencana menggelar kegiatan serupa setiap tiga bulan.
 
"Kenapa begitu ya karena induk-induk olahraga di bawah naungan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) setiap dua tahun sekali harus mengikuti event nasional namanya Fornas dan dua tahun sekali di tahun genap juga namanya Tapisa. Jadi setiap tahun harus selalu ada lomba supaya ada persiapan," jelas Manuel.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022