Seorang ahli serta peneliti burung dari benua Eropa bernama dr Hans Gunther Bauer mengagumi keindahan alam Indonesia bagian timur saat berwisata ke Provinsi Papua Barat.

Pria asal Jerman tersebut bersama seorang rekannya melakukan pengamatan burung di sepanjang wilayah Makbon hingga Kampung Wisata Malagufuk di kabupaten Sorong, Kamis (15/12/2022).

Dua hari sebelumnya, Hans Gunther Bauer bersama rekannya mengunjungi Kabupaten Raja Ampat. Mereka sangat senang melihat keindahan alam negeri bahari tersebut.

Pimpinan Agen Perjalanan Wisata Ethnic Journey Papua Barat, Ranny Irian mengatakan bahwa Hans Gunther Bauer adalah ahli burung benua Eropa yang mengajar pada salah satu universitas di Jerman.

Ia mengatakan bahwa Hans Gunther Bauer dan seorang temannya baru pertama kali ke Papua dan dirinya sangat senang melihat keindahan alam setempat.

Meskipun beda iklim namun peneliti burung Eropa tersebut tetap eksis berwisata pengamatan burung di Raja Ampat dan Kabupaten Sorong Tanah Papua.

Dikatakan bahwa pria berusia 73 tahun tersebut senang berwisata pengamatan burung di daerah berair dan menyukai jenis burung air seperti bangau dan jenis angsa lainnya.

"Hans Gunther Bauer juga menyukai keindahan alam Papua dan jenis-jenis burung di Papua yang unik dan ada pula yang endemik," kata Ranny Irian.

Hans Gunther Bauer bekerja di Institut Max Planck di Radolfzell. Ia adalah Ilmuwan dan ahli zoologi dengan gelar doktor yang berspesialisasi dalam ornitologi menyelidiki.

Ia juga meneliti bagaimana perkembangan populasi burung di kawasan Danau Constance Jerman.

Bersama dengan peneliti lain, dia menerbitkan sebuah penelitian pada musim gugur 2019 yang mendokumentasikan hilangnya banyak burung di sekitar danau indah di Jerman tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli peneliti burung Eropa kagumi alam di Papua Barat

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022