Ikatan Perempuan Biak Bin Syowi (IPBBS) Tanah Papua mendorong para perempuan Suku Biak mengembangkan potensi diri guna mendukung kemajuan pembangunan berbagai bidang di daerah itu.
 
"Tentu tidak ada cara lain, selain Bin Syowi harus membangun potensi diri untuk mengisi pembangunan pada setiap bidang kerja, seperti birokrasi pemerintahan, politik, bisnis, dan usaha rumah tangga," ujar Ketua Umum IPBBS Tanah Papua Mintje Anna Yawan saat melantik Badan Pengurus IPBBS Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat periode 2022-2027 di Manokwari, Jumat (2/12).
 
Ia mengatakan perempuan Suku Biak sebagai pencetak generasi penerus harus mampu menjawab tantangan pembangunan dengan mengembangkan potensi diri.
 
Ia mendorong IPBBS Kabupaten Manokwari di bawah kepemimpinan Lillyani M. Orisu bangkit agar sejajar dengan organisasi perempuan suku-suku lainnya dalam keterlibatan mengisi pembangunan di daerah ini.
 
"Saatnya Bin Syowi Kabupaten Manokwari berbenah diri, melangkah maju, dan bersinergi dengan organisasi perempuan lainnya dalam mendukung program-program pemerintah daerah," ujar dia.
 
Anna Yawan juga mengajak IPBBS Manokwari selalu mengandalkan Tuhan, bergandengan tangan dengan pemerintah dan organisasi perempuan dari berbagai suku dengan saling menghargai satu sama lain guna mendukung kemajuan daerah.
 
"Kelebihan dan kekurangan adalah aset yang harus dikelola sebagai anugerah Tuhan, sehingga tercapai keseimbangan dan harmonis. Agar generasi saat ini tidak menjadi generasi 'iwarai' atau generasi tidak punya tujuan," katanya.
 
Pada kesempatan itu, ia juga memberi apresiasi terhadap enam perempuan Suku Biak yang telah dikukuhkan oleh Kepala Suku Besar (Mananwir Beba) Biak Yan P. Yarangga sebagai pilar atau cerminan bagi seluruh Bin Syowi Kabupaten Manokwari.
 
"Enam pilar Bin Syowi adalah mereka yang diberikan mandat langsung dari Kepala Suku Besar Biak dan bertanggung jawab mengarahkan dan mengedukasi perempuan Suku Biak sehingga mampu memposisikan dirinya di berbagai bidang kehidupan," kata dia.

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022