Bupati Manokwari Hermus Indou, menyatakan ziarah ke makam-makam para pendahulu pemerintahan sebagai bentuk penghormatan atas keberhasilan pembangunan daerah dimana pada 8 November mendatang kabupaten tersebut mencapai usia 124 tahun.

"Ziarah hari ini dilakukan karena kami paham benar bahwa segala sesuatu yang terjadi hari ini yakni keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan daerah yang kami lakukan tentu karena beliau-beliau pendahulu kami," ujar Hermus, di Manokwari, Jumat.
 
Dia berharap dengan ziarah makam kepada pendahulu pemerintahan tersebut akan memacu semangat untuk terus melanjutkan pembangunan daerah agar semakin baik ke depan.
 
Pada kesempatan itu, Hermus juga menyampaikan apresiasi kepada keluarga para pendahulu pemerintahan daerah karena telah melaksanakan tugas dengan baik.
 
Dia menambahkan penghormatan kepada pendahulu pemerintahan daerah adalah bentuk jiwa kebangsaan yang menghargai jasa para pahlawan.
 
"Dalam Bulan Bakti Gotong Royong yang sedang berlangsung untuk menyongsong HUT ke-124 Manokwari. Ziarah makam ini tepat dilakukan disamping berbagai program pembangunan dan kemasyarakatan yang juga sudah kita lakukan," katanya.
 
Ziarah makam yang dipimpin Bupati Hermus Indou dilakukan antara lain ke makam Ketua DPRD Manokwari 2014-2019, (alm) Dedy Subrata May, Wakil Ketua DPRD Manokwari 2014-2019, (alm) Daud Ullo, Bupati Manokwari Periode 2016-2021, (alm) Demas Paulus Mandacan, Wakil Ketua DPRD Manokwari 2009-2014, (alm) Semuel Mandacan, Bupati Manokwari Periode 1967-1973, (alm) S.D. Kawab, Wakil Bupati Manokwari Periode 2000-2003, (alm) D. T. Kawab, Ketua DPRD Manokwari Periode 1996-2004, (alm) Daud Mendowen, Bupati Manokwari Periode 1989-1994 dan 1994-1995, (alm) Esau Sesa serta dua Sekretaris Daerah Manokwari lainnya yakni (alm) Steven Rumfabe dan Usman Patisahusiwa.
 
Ikut dalam ziarah tersebut yakni Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo dan sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manokwari serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Manokwari.

 

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022