Pemerintah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, melakukan perbaikan terhadap lima jalan lingkungan sebagai bagian dari pembenahan kawasan kumuh khususnya di wilayah perkotaan.

Bupati Manokwari, Hermus Indou di Manokwari, Kamis, menyatakan perbaikan itu juga mempertimbangkan masih kurangnya sarana dan prasarana yang layak di kawasan pemukiman penduduk perkotaan.

"Walaupun dalam kota tapi kualitas jalan dalam kota ini masih membutuhkan perbaikan karena jalan yang ada ini kebanyakan masih peninggalan dari pemerintahan yang sudah berlalu puluhan tahun," ungkap Hermus.

Oleh karena itu, Pemerintah Manokwari secara bertahap akan menjawab kebutuhan perbaikan jalan termasuk juga perumahan yang dinilainya memerlukan perhatian. Dia menyebut sudah merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk melakukan pembenahan kawasan pemukiman.

Hanya saja, kata dia, perbaikan sarana dan prasarana di semua kawasan pemukiman khususnya di wilayah perkotaan membutuhkan bantuan masyarakat untuk bahu-membahu mengingat keterbatasan sumber daya manusia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Manokwari Henri Sembiring menyebut perbaikan jalan itu merupakan program kemitraan pemerintah daerah sekaligus mengajak masyarakat untuk mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap hasil pembangunan.

Kegiatan perbaikan dengan bentuk pengecoran jalan lingkungan itu dilakukan serentak di lima tempat yakni di Jalan Arkuki, Kelurahan Manokwari Barat, Jalan Kenari Tinggi Kelurahan Pasir Putih, Kampung Indramui, Kampung Wasai serta Kompleks Misi Brawijaya Manokwari.

"Kita berharap masyarakat menjaga dan merawat jalan lingkungan yang diperbaiki hari ini sebagai rangkaian Bulan Bakti Gotong Royong memperingati HUT ke-124 Manokwari," ujar Henri yang juga Ketua Panitia Bulan Bakti Gotong Royong.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022