Bupati Kaimana, Papua Barat Freddy Thie menyebut masyarakat saat ini membutuhkan sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, terutama bagi masyarakat yang dilayaninya.

"Masyarakat sekarang ini mendambakan sosok PNS yang profesional, yaitu PNS yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien," kata Freddy Thiel saat membuka kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi 614 CPNS golongan II dan III formasi 2018 Kabupaten Kaimana di Kaimana, Senin. 

Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional, katanya, maka seorang CPNS wajib mengikuti pembinaan melalui jalur pelatihan dasar sebagai dasar untuk bisa diangkat menjadi PNS. 

"Artinya, Latsar adalah salah satu syarat wajib yang harus diikuti CPNS sebelum menjadi PNS," kata Freddy. 

Karena itu, ia mengingatkan agar para CPNS tidak membuang kesempatan dalam suatu proses yang sudah dirintis dengan panjang. 

"Jangan sampai performa saudara-saudara tidak memenuhi syarat, dengan kata lain tidak lulus atau tidak sanggup menyelesaikan kegiatan Latsar sepenuhnya. Karena tidak hanya akan merugikan karier saudara-saudara sendiri, tetapi juga berdampak kepada instansi, mengingat biaya yang besar terbuang sia-sia," ujarnya.

Selama masa pelatihan, para CPNS Pemkab Kaimana diminta mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh, tertib dan disiplin, serta lebih mengutamakan hasil dan manfaat, bukan sekedar memenuhi syarat administrasi untuk bisa diangkat menjadi PNS. 

Latsar CPNS digelar untuk mengubah pola perilaku dan mindset CPNS agar ketika kembali ke dunia kerja mampu menjadi pelayan publik yang profesional, mempunyai kompetensi, mampu bekerja efektif efiesien dan akuntabel. 

"Latsar yang diselenggarakan ini diharapkan menjadi jawaban atas Diklat CPNS yang selama ini hanya dianggap sebagai formalitas belaka. Artinya, perubahan Diklat Pra Jabatan menjadi Pelatihan Dasar bukan hanya perubahan nama saja, tetapi lebih kepada perubahan mindset PNS dalam memahami nilai-nilai dasar PNS atau ASN," kata Freddy.

Pembukaan kegiatan Latsar CPNS Pemkab Kaimana berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Kaimana dihadiri oleh Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, Kepala BKPSDM Provinsi Papua Barat Eduard Nunaki, Kepala Puslatbang Lembaga Administrasi Negara (LAN) Regional Makassar Andi Taufik, jajaran Forkopimda Kaimana dan para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Kaimana.
 
Sebanyak 614 CPNS golongan II dan III formasli 2018 Pemkab Kaimana mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) sebagai syarat untuk diangkat menjadi PNS. (ANTARA/HO-Isabela Wisang)

Kepala BKPSDM Provinsi Papua Barat Eduard Nunaki juga mengingatkan, latihan dasar bagi CPNS merupakan hal yang wajib diikuti mengingat masa CPNS hanya berlangsung satu tahun sebelum nantinya diangkat menjadi PNS.  

Pelatihan dasar ini dimaksudkan dalam rangka pembentukan karakter aparatur sipil negara mengacu pada tujuh nilai dasar CPNS yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif serta kolaboratif. 

Eduard mengajak CPNS untuk fokus mengikuti latihan dasar ini agar ketika menjadi PNS nantinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. 

"Jangan sampai rakyat datang mengurus satu hal yang bisa diselesaikan dalam satu jam, kita buat sampai berminggu-minggu," ujarnya mengingatkan.

Ketua Panitia Latsar selaku Plt Kepala BKPSDM Kaimana Onna Lawalata melaporkan, Latsar ini dibagi dalam tiga tahap yakni tahap pertama diikuti 240 peserta dengan jadwal kegiatan 24 Agustus hingga 29 Oktober 2022. 

Selanjutnya tahap kedua diikuti 190 peserta dimulai 21 September hingga 19 November 2022 dan tahap ketiga diikuti 185 peserta dimulai 17 Oktober hingga 15 Desember 2022. 

Seluruh kegiatan dipusatkan di bekas Kantor Bupati Kaimana, Jalan Utarom, Pasir Lombo, Kaimana. Adapun peserta ditampung pada dua lokasi yakni Balai Diklat Dinas Pertanian dan Eks Kantor DPRD Kaimana.

 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022