Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, sudah naik kelas menjadi rumah sakit tipe C, rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis berupa pelayanan penanganan penyakit dalam, bedah, kesehatan anak, serta kebidanan dan kandungan.

"Kami menyambut positif kenaikan status RSUD Teluk Wondama menjadi tipe C. Terlebih kenaikan tipe RSUD merupakan salah satu janji politik kami saat kampanye Pilkada 2020," kata Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy di Wasior, Senin.

Ia mengatakan bahwa kenaikan status RSUD Teluk Wondama dari rumah sakit tipe D menjadi rumah sakit tipe C juga mesti diikuti dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan rumah sakit.

"Peningkatan kualitas pelayanan itu yang lebih penting. Jangan sampai pelayanan masih tetap seperti yang sekarang, harus lebih meningkat lagi," katanya.

Wakil Bupati mendorong pengelola RSUD Teluk Wondama menambah tenaga dokter spesialis serta melengkapi sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pemerintah daerah, ia melanjutkan, akan membantu penambahan tenaga dokter, alat kesehatan, serta sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan di RSUD.

Dia juga mengemukakan bahwa setelah RSUD Teluk Wondama menjadi rumah sakit tipe C harapannya jumlah pasien yang dirujuk untuk menjalani perawatan medis di rumah sakit di luar daerah bisa berkurang.

Sementara itu, Direktur RSUD Teluk Wondama Yoce Kurniawan bersyukur RSUD Teluk Wondama statusnya bisa naik dari rumah sakit tipe D menjadi rumah sakit tipe C.

Ia mengatakan bahwa RSUD Teluk Wondama sudah memenuhi persyaratan menjadi rumah sakit tipe C, baik dalam hal jumlah tempat tidur, ruang rawat inap, ruang gawat darurat, fasilitas pengolahan sampah, maupun ketersediaan dokter spesialis.

 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022