Kabupaten Kaimana, Papua Barat menggelar lomba lari 10 kilometer untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

Bupati Kaimana Freddy Thie di Kaimanai, Minggu, mengatakan kegiatan lomba lari 10 kilometer menjadi awal dari seluruh rangkaian kegiatan menyambut dan memeriahkan HUT RI di daerahnya.

Kegiatan itu bertujuan menumbuhkan rasa kebangsaan dan menanamkan rasa kecintaan dan kepedulian masyarakat dalam mengisi kemerdekaan melalui hal-hal yang postif, sekaligus mendukung bakat dan talenta para generasi muda Kaimana.

"Bukan hanya peserta yang berlomba, tapi juga para pimpinan daerah ikut ambil bagian untuk bersama-sama mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Kaimana harus berprestasi baik dalam bidang olahraga, seni maupun budaya," ujar Bupati Freddy.

Perlombaan lari 10 kilometer itu berlangsung pada Sabtu (6/8), dibuka secara resmi oleh Bupati Kaimana Freddy Thie bertempat di Stadion Triton Kaimana.

Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Kaimana itu juga ikut ambil bagian dengan mengenakan nomor punggung 820. Selain itu Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, perwakilan Kodim 1804 Kaimana, Yonif 764/Lamba Baua serta pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.
Antusiasme warga Kaimana cukup tinggi mengikuti lomba lari 10 kilometer dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI. (ANTARA/HO-Isabela Wisang)

Selain perlombaan bidang olahraga, sejumlah kegiatan di bidang seni dan budaya akan digelar di Kaimana untuk memeriahkan HUT ke-77 RI tahun ini mengingat dua tahun sebelumnya kegiatan seperti itu tidak bisa dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Beberapa perlombaan yang akan digelar antara lain lomba futsal putra-putri, basket, bulu tangkis, tenis meja, lomba gerak jalan indah tingkat SD, SMP, SMA-SMK dan umum, serta lomba RT-RT Bersih, Indah dan Kreasi.

Prestasi para atlet olahraga Kaimana sendiri cukup menggembirakan, dimana baru-baru ini kontingen Kaimana menjadi juara umum pada Kejurda Atletik se Papua Barat di Manokwari.

"Ini menandakan bahwa anak-anak muda Kaimana mempunyai bakat dan kemampuan sehingga perlombaan di bidang olahraga dan seni diharapkan menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi baik pada tingkat daerah, tingkat nasional dan syukur-syukur sampai ke tingkat internasional," harap Freddy.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022