PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim bersama PT Hutama Karya dan masyarakat Kampung Klayas Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat menanam 10.000 bibit pohon mangrove atau bakau, tanaman hias, dan tanaman buah guna penghijauan kawasan setempat.

Area Manager Comm, Rel, CSR dan Compliance PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, Dodi Yapsenang di Sorong, Sabtu, mengatakan, kegiatan penghijauan wilayah Kampung Klayas tersebut dilakukan untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022.

Selain itu, kata Dodi, kegiatan penanaman pohon tersebut guna mengimplementasikan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Kampung Klayas Kabupaten Sorong wilayah operasi perusahaan.

Tujuan lainnya, menurut dia, mendukung implementasi kampung iklim dimana Kampung Klayas menjadi satu-satunya kampung di Kecamatan Seget Kabupaten Sorong yang ikut dalam penilaian Kampung Iklim se-Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dikatakan, penanaman ribuan bibit pohon tersebut dilakukan berkoordinasi dengan PT Hutama Karya dan masyarakat Kampung Klayas. Pada kegiatan tersebut PT Hutama Karya menyumbang 3.000 bibit tanaman kehutanan dan tanaman buah seperti pohon jati Papua, pinang, langsat, dan rambutan.

"Sedangkan bibit mangrove sebanyak 7.000 pohon disiapkan oleh kami Pertamina Kilang Kasim," ujarnya.

Ia menyampaikan, program penghijauan di lingkungan kerja PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim sudah berjalan sejak 2017 dan akan terus dilakukan ke depan.

"Sejak 2017 kami sudah menanam pohon mangrove di sepanjang pesisir Seget wilayah operasi perusahaan sebanyak 50.000 pohon," tambah Dodi.

Masyarakat Kampung Klayas, Nahum Katumlas yang memberikan keterangan terpisah, mengucapkan banyak terima kasih ke Kilang Kasim dan PT HK atas kegiatan penghijauan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan setempat.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022