Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir menyerahkan bantuan berupa kendaraan transportasi air ke Kabupaten Tambrauw untuk mempercepat penanganan bencana.

"Kita kasih perahu cepat untuk mengatasi bencana seperti banjir. Karena ada wilayah yang sulit dijangkau transportasi darat jadi kita beri transportasi air," ujar Derek, di Manokwari, Selasa.

Selain memberikan perahu cepat, ia mengatakan pelatihan untuk tanggap bencana juga sudah dilakukan. Pelatihan dan pemberian perahu cepat itu sebagai bentuk kehadiran Pemerintah Papua Barat di wilayah itu.

"Kita beri satu unit dengan mesinnya untuk digunakan khususnya di sungai," ungkap Derek.

Ia berjanji akan terus menilai dan mengevaluasi penanganan bencana di setiap daerah di Papua Barat bersama pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan tata kelola bencana, kata Derek, Papua Barat masuk dalam kategori wilayah multi resiko bencana dimana ada bencana yang utama dan bencana lain yang terjadi bersamaan.

Derek memastikan manajemen untuk itu sudah dilakukan agar semua bencana yang mungkin timbul bersamaan dapat langsung diatasi.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022