Sorong, (Antaranews Papua Barat) - Guna meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Malamay, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat membuat makanan kuliner berbahan jagung yang diberi nama "Jasuke".

Jasuke adalah singkatan dari jagung susu keju, kuliner yang dikembangkan petani asli Papua Kampung Malamay Sorong dengan memanfaatkan jagung hasil produksi pertanian mereka.

Pembuatan kuliner jasuke tersebut, masyarakat Kampung Malamay didampingi tenaga pendamping pertanian dari perusahaan beni PT East West Seed Indonesia (EWINDO) yang beroperasi di Papua Barat.

Staf Lapangan EWINDO Iswandi di Sorong, Selasa mengatakan, potensi jagung manis di Kabupaten Sorong terutama Kampung Malamay sangat bagus dan produksinya sangat banyak.

Dia mengatakan, jagung manis hasil pertanian masyarakat setempat selama ini diolah dengan cara direbus dan dibakar kemudian dikonsumsi.

Sebab itu, kata dia, EWINDO menyarankan masyarakat agar mengolah jagung tersebut menjadi kuliner yang lebih berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi.

Dikatakan, Jasuke adalah salah satu kuliner berbahan jagung inovasi masyarakat Malamay yang menjadi makanan khas dan ditampilkan setiap ada acara di kampung tersebut.

"Kuliner perpaduan rasa jagung, susu dan keju ditambah meses yang sangat enak itu juga dipromosikan bagi wisatawan yang berkunjung Kabupaten Sorong," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018