Sorong, (Antaranews Papua Barat) - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Papua Barat  Jacob Fonataba di Sorong, mengatakan kebutuhan sayur di Provinsi Papua Barat terutama daerah yang padat seperti Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong  cukup tinggi.

Ia menyampaika, produksi sayur petani lokal belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat. Sebagian besarnya sayur yang dikonsumsi masyarakat Papua Barat terutama Sorong dan Manokwari tercatat didatangkan dari luar daerah agar dapat memenuhi kebutuhan.

Menurut dia, lahan pertanian di Provinsi Papua Barat sangat luas sehingga pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di bidang pertanian untuk meningkatkan produksi sayur petani lokal.

Dikatakan, upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi sayuran petani lokal Provinsi Papua Barat melalui bantuan sarana prasarana seperti pembibitan, irigasi, pupuk dan tenaga pendamping.

Bantuan tersebut tentunya diberikan secara berjenjang sesuai dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

Mengingat keterbatasan anggaran sehingga bantuan akan lebih diprioritaskan pada daerah yang telah berkembang produksi pertanian terutama produksi sayuran seperti Pegunungan Arfak, Manokwari, dan Sorong.

"Tidak hanya daerah tersebut tetapi daerah-daerah yang berpotensi dalam pengembangan pertanian sayuran akan diberikan bantuan pulau sehingga produksi komuditi sayuran semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018