Universitas Negeri Papua akan menyelenggarakan ujian tertulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 pada lima wilayah di Provinsi Papua Barat, seleksinya akan berlangsung mulai pekan depan.

Rektor Unipa Dr Meky Sagrim di Manokwari, Minggu, mengatakan, pelaksanaan SBMPTN akan digelar di Manokwari, Sorong, Teluk Bintuni, Fakfak dan Kaimana.

"Adik-adik yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri mana saja di seluruh Indonesia bisa ikut dalam seleksi tersebut," ujar Sagrim.

SBMPTN, katanya, merupakan seleksi masuk ke seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, berbasis online dan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Unipa menjadi salah satu penyelenggara di daerah oleh LTMPT untuk wilayah Provinsi Papua Barat.

Sagrim mengatakan, melalui ajang SBMPTN ini maka dibuka kesempatan seluas-luasnya bagi lulusan SMA-SMK untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dimana pun di Indonesia, tanpa harus melakukan perjalanan ke kota studi di luar Papua.

"Ini kesempatan bagus bagi adik-adik calon mahasiswa karena mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk berangkat ke kota studi, terutama di luar Papua. Mereka yang mengikuti SBMPTN terdaftar resmi di perguruan tinggi negeri yang mereka pilih," jelasnya.

Gelombang pertama SBMPTN akan digelar pada 17-23 Mei dan gelombang kedua digelar pada 28 Mei-3 Juni.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022