Manokwari, (Antaranews Paoua Barat)-Atraksi 15 penerjun payung memeriahkan perayaan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Manokwari, Papua Barat, Jumat.

Aksi 15 anggota komando pasukan khusus (Kopasus) ini cukup memukau dan berhasil menyedot perhatian warga di daerah tersebut.

Koordinator Terjun Payung Letnan Inf Adrianus Gintu usai aksi yang dilaksanakan di Lapangan Borarsi Manokwari mengatakan, para penerjun ini rata-rata sudah melakukan terjun lebih dari 1.000 kali. Diantara mereka bahkan ada yang sudah melakukan terjun lebih dari 2.000 kali.

Ia menyebutkan, dua dari 15 penerjun payung ini adalah wanita, salah satunya
Sertu Frida Natalia Ningsih Suebu anggota Kopasus asal Papua yang membawa duplikat bendera merah putih dalam penerjunan.

Seluruh personil, kata dia, sudah menjalani latihan secara cukup di Manokwari. Pihaknya bersyukur atraksi ini berjalan lancar.

Adriyanus mengutarakan, terjun payung ini dilakukan dari atas ketinggian 8.000 kaki. Selain bendera merah putih, mereka juga membawa bendera Kodam XVIII Kasuari, Bendera Pemerintah Provinsi Papua Barat, Bendera KONI Provinsi Papua Barat, Bendera Hut Proklasi dan Bendera Kopassus.

Ia merinci 15 penerjun atlet terjun payung dari Kopassus ini yakni Kapten Caj (K) Yose Darmayanti, Serka Joko Arianto, Serka Sholihin, Serka Choliq, Serka Mariadi, Serka Edmon S, Sertu Frida Natalia Ningsih (K), Sertu Rishan Efendi, Sertu Lukisno, Serda Nelson Beteyop, Serda Miswan Sunaryo, Serda Miyarto, Serda Supriyo, Serda Pimadi, dan Praka P. Sukma Wijaya.
Sertu Frida dikerumuni warga yang ingin berfoto denganya usai melakukan atrakai terjun payung di Manokwari, Jumat (17/8/2018) (foto/Antaranews Papua Barat/Toyib)
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada wawancara terpisah menginginkan 15 penerjun payung ini bertahap di Papua Barat dan bisa mewakili provinsi ini pada Pekan Olahraga Nasional-PON XX tahun 2020.

"Kami akan segera berkoordinasi melalui Kodam agar mereka bisa mengikuti pemusatan latihan di Manokwari. Mereka akan menjadi wakil Papua Barat pada PON 2020," sebutnya.(*)


 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018