Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di Manokwari, Rabu, meresmikan tiga base transceiver station (BTS) yang telah on air di tiga lokasi di Provinsi Papua Barat.

Peresmian tiga BTS ini dilakukan melalui konferensi video dalam rangkaian acara rapat koordinasi Percepatan Pembangunan Akses Telekomunikasi dan Peresmian BTS di Provinsi Papua Barat.

Johnny mengatakan peresmian ini sekaligus mewakili dimulainya layanan BTS 4G yang dibangun Kementerian Kominfo melalui BAKTI sebanyak 4.200 lokasi pada tahun 2021 ini, yang akan on air secara bertahap. 

"Ketiga BTS yang diresmikan tersebut terletak di Desa Isiren, Kecamatan Rumberpon, Desa Siresi Kecamatan Soug Jaya kabupaten Teluk Wondama,  dan Desa Kasi Indah, Kecamatan Kasi kabupaten Tambrauw  Papua Barat," ujarnya.

Dia berharap pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi seperti ini harus dimaksimalkan agar lebih efisien dan produktif dengan kerjasama pemprov dan kabupaten/kota agar pembangunan infrastruktur sesuai tata kota. 

"Infrastruktur BTS harus dijaga bersama-sama dan dimanfaatkan dengan cara positif, dari hulu sampai hilir," ujar Menkominfo.

Ia juga menyebutkan, kecepatan dalam menghadirkan BTS 4G on air cukup penting, mengingat kita sedang benar-benar menggenjot percepatan transformasi digital. 

"Terlebih masyarakat Papua dalam program percepatan tranformasi digital nasional ini mendapatkan fokus secara khusus karena pertimbangan wilayah dan tingkat digitalisasinya," tambah Menkominfo.

Selanjutnya Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif mengatakan jumlah BTS 4G yang  akan dibangun dalam dua tahun ini di seluruh Tanah Papua sebanyak 5.204 lokasi dari total 7.904 lokasi se Indonesia.

"Itu berarti sekitar 65% dari total keseluruhan pembangunan BTS 4G nasional berada di Tanah Papua ini,” kata Anang Latif.

Ia mengatakan 5.204 lokasi BTS 4G tersebut melengkapi ratusan BTS yang telah dibangun sebelumnya sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 di provinsi Papua dan Papua Barat 

"Tahun 2015 sampai dengan tahun 2020 di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat telah dibangun sebanyak 437 lokasi. Terdiri dari 224 lokasi BTS di Papua Barat dan 213 lokasi BTS di Papua,” ujar Anang. 

Lebih lanjut Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan Ini merupakan catatan sejarah bagi Provinsi Papua Barat, karena  pertama kalinya mendapatkan komitmen pembangunan BTS 4G dalam jumlah yang masif dan dibangun dalam waktu singkat. 

"Tahun 2021 ini kami mendapat alokasi 824 titik BTS 4G di seluruh kabupaten dan kota. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenkominfo melalui BLU BAKTI,” tutur Gubernur Papua Barat. 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021