Waisai, (Antaranews Papua Barat)-Warkesi kawasan hutan di Pulau Waigeo tempat wisatawan melihat burung cenderawasih terdekat di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Menjangkau hutan Warkesi guna melihat burung cenderawasih menari wisatawan dapat menggunakan ojek dan mobil dengan jarak tempu 25 menit dari Waisai, ibukota Raja Ampat.

Penjaga kawasan hutan Warkesi Orgenes Manggaprou di Waisai, Kamis mengatakan, burung cenderawasih yang dapat dilihat wisatawan di kawasan hutan Warkesi adalah cenderawasih merah.

Dia mengatakan, sekitar 200 meter treking dari jalan raya wisatawan dapat menikmati burung cenderawasih merah menari di pepohonan yang hijauh dan sejuk.

"Sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan hutan Warkesi guna menikmati tarian burung cenderawasih. Terakhir wisatawan asal tailand yang kagum melihat burung cenderawasih menari secara nyata," ujarnya.

Menurut dia, menelusuri kawasan Warkesi wisatawan tidak hanya melihat burung cenderawasih saja, tetapi juga dapat melihat berbagai jenis burung lainnya.

Masyarakat setempat menjaga kawasan tersebut dari penebangan pohon secara liar oleng orang-orang yang tidak bertanggungjawab sehingga burung cenderawasih tidak berpindah tempat.

"Hutan yang asli dan burung cenderawasih menari mendatangkan wisatawan adalah sumber penghasilan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup," tambah dia.(*)         

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018