Waisai, (Antaranews Papua Barat)-Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat menggelar pelatihan bahasa inggris bagi pemandu wisata atau guide anggota HPI di Raja Ampat.

Pelatihan bahasa inggris tersebut merupakan program kerja HPI Raja Ampat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia pemandu wisata setempat khususnya bahasa asing.

Ketua HPI Raja Ampat Ranny Iriani Tumundo di Waisai, Selasa mengatakan, pelatihan bahasa inggris bagi pemandu wisata Raja Ampat bekerja sama dengan lembaga pendidikan bahasa inggris Golden Gate Education Sorong.

Dia mengatakan, pelatihan bahasa inggris dilakukan bagi pemandu wisata HPI Raja Ampat yang belum lancar bekomunikasi bahasa inggris dengan wisatawan.

Pelatihan dipusatkan di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat selama dua bulan dengan penanggungjawab program Recky Tito Mugama dan Yulius Ricky Suharto.

Menurutnya, pemandu wisata HPI Raja Ampat yang dinyatakan mampu menguasasi materi selama mengikuti pelatihan akan mendapat sertifikat dari Golden Gate Education.

"Pelatihan bahasa inggris tersebut sudah berjalan sejak awal Juli dan pemandu wisata HPI Raja Ampat sangat antusias mengikuti pelatihan itu," ujarnya.

Ranny menyampaikan, program pelatihan bahasa inggris ini dapat terlaksana atas dukungan dana abadi dari pendonor USAID dan CI yang disalurkan oleh Yayasan Kehati.

HPI Raja Ampat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program pelatihan tersebut. Diharapkan kepada pemandu wisata HPI yang telah terdaftar mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dapat mengikuti dengan baik hingga selesai dan mendapat sertifikat," tambah dia.(*)    

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018