Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat memberikan bantuan sosial berupa bahan makanan kepada 135 pasien COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Kepala Dinas Sosial yang juga Koordinator Seksi Logistik Satgas COVID-19 Teluk Wondama Eka Wosiri di Wasior, Senin, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan bahan makanan kepada 135 warga yang sedang isolasi mandiri akibat COVID-19.

Dia mengatakan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri itu, tersebar pada tiga distrik atau kecamatan, yakni Wasior, Wondiboi, dan Rasiei.

Dia menjelaskan nilai bantuan bahan makanan bagi pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri sebesar Rp400.000 per kepala keluarga.

Setiap warga isolasi mandiri juga diberikan uang tunai Rp200.000. Bantuan itu telah disalurkan sejak 19 Juli 2021.

Eka menyebut bantuan hanya diberikan kepada warga isolasi mandiri sesuai dengan rekomendasi dari Tim Kesehatan Satgas COVID-19.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Dinas Sosial dibantu oleh petugas keamanan dari TNI dan Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, serta beberapa OPD terkait.

“Total bantuan yang disiapkan tim logistik sebesar Rp193 juta. Dan ketika ada rekomendasi dari Tim Kesehatan Satgas COVID-19 langsung disalurkan," ujarnya.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan setiap warga yang melakukan isolasi mandiri akibat terinfeksi COVID-19 diberikan bantuan bahan makanan.

"Tujuannya agar mereka tidak harus keluar rumah untuk membeli bahan makanan maupun misalnya mencari makan di warung makan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata dia.

Pewarta: Zack Tonu

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021