Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyiapkan sembilan tempat pelaksanaan sholat Ied pada Hari Raya Idul Fitrhi 1439 hijriah.

"Ada sembilan tempat, salah satunya di Masjid Attarbiah Lembaga Pemasyarakatan Manokwari," kata Ketua PHBI Manokwari Abdur Rahim di Manokwari, Selasa.

Ia merinci delapan lokasi lainya yakni, Lapangan Borarsi, Masjid Ridwanul Bahri Kompleks TNI Angkatan Laut, Masjid Darul Ulum Amban, Masjid Al-Falah Wosi, At-Taqwa Kampung Makassar, Masjid Alkautsar Jln Essausesa dan Masjid Rahmatan Lilalamin Andai.

"Kami sudah menggelar rapat persiapan terakhir siang tadi bersama seluruh anggota PHBI. Selain menetapkan tempat pelaksanaan sholat Ied kami juga menfinalisasi persiapan kegiatan takbir keliling,"kata dia.

Ia menyebutkan, Takbir keliling akan di buka Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan. Kegiatan tersebut dimulai dari halaman Masjid Jami' Merdeka Jl Bandung Borarsi Manokwari dan finish ditemoat yang sama.

Ia menyebutkan, kegiatan ini akan dikawal aparat keamanan baik TNI maupun Polri sejak awal hingga akhir.

Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, kata dia tidak boleh ada peserta yang mengendarai kendaraan roda dua. Jika ada nekat dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya tidak bertanggungjawab.

"Kami larang untuk menghindari aksi ugal-ugalan atau keributan selama kegiatan takbir keliling. Kami ingin kegiatan takbir tidak mengganggu kenyamanan masyarakat yang tinggal disepanjang rute yang akan kita lalui,"sebutnya lagi.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi pada kesempatan terpisah menyatakan pihaknya siap mengamankan seluruh rangkaian kegiayan Idul Fitrhi. Ia mengajak semua pihak saling menjaga agar lebaran di daerah tersebut berjalan kondusif.

"Kami sudah menempatkan pos-pos pengamanan lebaran di beberapa tempat, termasuk di jalan-jalan yang akan dilalui pada takbir keliling," ujarnya.

Selain Polri, Pengamanan Lebaran 2018 diisi Personil TNI, Jasa Raharja, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Dinas Perhubungan serta Satuan Polisi Pamong Praja.

"Sejauh ini Manokwari sangat kondusif, sikap toleransi di Manokwari terpupuk cukup baik,"pungkasnya.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018