Sorong, (Antaranews Papua Barat) - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melantik pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) tiga daerah yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Tambrauw.

Pelantikan pengurus Koni tiga daerah tersebut dipusatkan di aula Kantor Walikota Sorong, Senin yang dihadiri oleh pengurus terpilih Koni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Tambrauw.

Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan dilakukan pelantikan pengurus Koni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Tambrauw maka semua pengurus Koni 12 kabupaten dan satu kota di Provinsi Papua Barat telah dilantik.

Dia mengatakan, pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan untuk memberikan legalitas dan keabsahan hukum bagi kepengurusan Koni kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat.

"Dengan harapan pengurus tersebut dapat menumbuh kembangkan semangat olahraga serta prestasi di tingkat kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua Barat," ujarnya.

Menurut Gubernur, perkembangan olahraga di Provinsi Papua Barat mengalami pasang surut dalam mencapai prestasi baik event bertaraf regional daerah sampai pada taraf nasional.

Bila ditinjau, kata Gubernur, prestasi dan perolehan medali Provinsi Papua Barat pada PON XVIIII di provinsi Jawa Barat
belum memuaskan masyarakat Provinsi Papua Barat.

Ia menyampaikan, hasil PON XVIIII di Jawa Barat apabila ditanggapi secara emosional tanpa analisa yang rasional baik dari segi atlet, pelatih dan pembina olahraga maka hal tersebut tidak akan berubah menjadi yang baik di masa yang akan datang.

Karena itu, pengurus Koni dituntut agar dapat menghasilkan prestasi yang maksimal yang sesuai dengan harapan daerah dan masyarakat dengan kebijakan yang strategi, pola pelatihan serta peningkatan sumber daya atlet dan pelatih maupun perangkat olahraga lainnya.

"Kami berharap pengurus Koni kabupaten kota yang dilantik ini dapat bekerja keras untuk meningkatkan prestasi olahraga terutama pada PON 2020 di provinsi tetangga Papua," ujarnya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018