Sorong, (Antaranews Papua Barat) -  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di Kampung Sailala Kabupaten Sorong tidak hanya memajukan infrastruktur rumah layak huni tetapi juga mendorong peningkatan pendidikan di daerah tersebut.

Pasalnya, tidak hanya prajurit TNI bekerja keras  membangun  rumah layak huni bagi masyarakat Sailala, istri prajurit pun turut dalam program TMMD dengan memberikan pendidikan dasar bagi anak-anak setempat.

"Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya pendidikan seseorang akan memiliki pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat berkembang maju," kata Ketua Persit KCK Cab XIII Kodim 1704/Sorong Ny. Ocy Andar D Panggabean di Sorong, Sabtu.

Dia mengatakan, pendidikan sangat penting bagi masyarakat terutama generasi penerus bangsa agar tetap bertahan di zaman globalisasi yang serba sulit dan penuh dengan kompetisi seperti sekarang ini.

Karena pentingnya pendidikan, kata Ketua Persit, dalam pelaksanaan program TMMD di Kampung Sailala, Persit Kartika Chandra Kirana Cab XIII Kodim 1704/Sorong memberikan pelajaran pengetahuan dasar dengan menggambar berbagai benda kepada anak setempat.

Diharapkan melalui mengambar kreativitas anak – anak dapat dituangkan dengan otomatis akan mengasah ingatan dan melatih fokus serta kesabaran anak dalam menempuh pendidikan.

"Melalui program TMMD sebagai istri prajurit TNI dengan keterbatasan, kami memberikan pengetahuan dasar bagi anak-anak Kampung Sailala dengan harapan mereka tumbuh besar menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas," ujarnya.
Satgas TMMD saat mengajar anak-anak Kampung Sailala Kabupaten Sorong (Foto Istimewa Kodim Sorong)


Tidak hanya Persit Kartika Chandra Kirana saja, prajurit Satgas TMMD walaupun capek seharian bekerja fisik pembangunan rumah layak huni namun malam hari sebelum beristirahat meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak Kampung Sailala membaca dan menulis.

Hal itu menunjukkan betapa pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa srta betapa pedulinya prajurit TNI terhadap anak-anak generasi muda bangsa saat melaksanakan tugas kampung.

Kepala Kampung Sailala Yakonias Malamuk sangat berterima kasih kepada prajurit TNI dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana karena dalam pelaksanaan program TMMD peduli terhadap pendidikan anak-anak generasi penerus bangsa Kampung Sailala.

"Tidak hanya anak-anak saja tetapi masyarakat Kampung Sailala secara umum banyak memperoleh pengetahuan dari prajurit TNI Satgas TMMD terutama sikap saling membantu dan gotong-royong yang merupakan warisan pendahulu bangsa Indonesia Indonesia," tambah dia.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018