Sorong, (Antaranews Papua Barat) - Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) di Indonesia siap mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan dalam pengelolaan konservasi kelautan dan perikanan.

Direktur Environment Office USAID Matthew A Burton di Teminabuan, Rabu (7/3) mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Sorong Selatan Marthinus Salamuk membicarakan pengelolahan konservasi kelautan dan perikanan yang akan dilakukan di daerah tersebut.

Dia mengatakan kehadirannya ke Sorong Selatan pertama untuk memperkenalkan lembaga sekaligus menyampaikan program apa saja yang dilakukan oleh USAID di Indonesia.

Pertemuan dengan Pemkab Sorong Selatan juga guna mendukung daerah setempat dalam mewujudkan konservasi kelautan dan perikanan guna kehihupan generasi dimasa yang akan datang.

"Kami akan membantu Pemkab Sorong selatan dengan mendatangkan tenaga ahli untuk menyusun kebijakan daerah yang dibutuhkan terutama pengeloahan konservasi kelautan dan perikanan," ujarnya

Selain itu, kata dia, USAID juga akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pemerintah dan masyarakat Sorong Selatan yang berhubungan bidang konservasi kelautan dan perikanan.

Menurut dia, tim USAID telah melaksanakan survei di Sorong Seelatan dan yang harus dilindungi adalah hutan manggrove sehingga melindungi bibit-bibit ikan, udang, dan kepiting yang hidup disekitarnya.

"Hal ini sangat penting karena potensi tersebut adalah primadona Kabupaten Sorong Selatan dan sumber kehidupan masyarakat pesisir pantai setempat,"katanya.

Wakil Bupati Marthinus Salamuk yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan Pekbak siap bekerja sama dengan USAID guna mengembangkan masyarakat yang menggeluti bidang perikanan dan kelautan.

"Pemkab Sorong Selatan telah memberikan respon positif atas dukungan USAID. Pemkab akan penyediaan data yang akurat dan informasi yang jelas kepada USAID sehingga dapat mempermudah mereka melakukan program di wilayah Sorong Selatan," kata Wabup.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018