Wasior,(Antaranews Papua Barat)- Masyarakat di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, akan segera menikmati layanan internet berkecepatan tinggi.

"Jika tidak ada kendala, layanan internet berkecepatan tinggi dengan teknologi 4G akan terwujud tahun ini," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Teluk Wondama Max A Morin di Wasior, Kamis.

Ia mengutarakan, Teluk Wondama menjadi salah satu daerah prioritas Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam pengembangan jaringan telekomunikasi. Teknologi 4G akan dibangun di daerah tersebut.

"Secara mandiri sebenarnya dari tahun lalu sudah upayakan, tapi bayarnya mahal sekali. Kementerian Kominfo minta kita bersabar," katanya lagi.

Dari koordinasi yang dilakukan, Pemerintah pusat berjanji untuk merealisasikan program tersebut di Teluk Wondama pada tahun 2018.

Sejauh ini, lanjutnya, jaringan komunikasi data di wilayah kota Wasior dan sekitarnya masih menggunakan teknologi 2G. Masyarakat masih sukit mengakses internet.

Kondisi ini membuat Teluk Wondama tertinggal jauh dari wilayah lainnya. Ia berharap, masyarakat mendukung program pemerintah tersebut.

Selain mengupayakan penambahan jaringan telepon seluler di wilayah distrik dan kampung terluar, Pemda juga terus mendorong percepatan hadirnya layanan 4G agar memudahkan warga mengakses internet.

"Ini merupakan bagian dari Program Indonesia Dekat yang luncurkan bapak Presiden Jokowi. Kita harapkan semoga Wondama benar-benar diproritaskan," pungkas Morin. (*)

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018